Sejarah Peradaban Islam

Sebelum masa kejayaan Islam, banyak hal yang dilalui untuk meraih masa jaya tersebut. Apa saja hal-hal tersebut? Yuk, kita simak.

Islam merupakan salah satu agama terbesar yang tersebar di seluruh dunia. Agama Islam adalah satu-satunya agama yang diridai oleh Allah swt. Islam secara bahasa adalah agama yang membawa keselamatan hidup dunia dan akhirat. Sedangkan secara agama, Islam berarti nama bagi agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan melalui seorang rasul. 

Adanya agama Islam dimulai dari turunnya wahyu pertama pada tahun 610 M di Gua Hira melalui Nabi terakhir, Nabi Muhammad saw. Pada saat itu, saat Nabi Muhammad sedang merenung, muncul sebuah cahaya terang yang memasuki Gua Hira. Saat itulah Malaikat Jibril menyampaikan wahyu pertama kepada Nabi Muhammad.

Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad saw. adalah surat al-alaq ayat 1-5. Ayat-ayat tersebut memiliki dua makna. Makna pertama, yaitu memerintahkan manusia untuk gemar membaca. Lalu, Nabi Muhammad yang diperintahkan Allah untuk membaca keadaan masyarakatnya terlebih dahulu agar dapat memikirkan strategi dalam memperbaiki akhlak masyarakat saat itu.

Nabi Muhammad melaksanakan hal yang diperintahkan Allah dengan cara memulai dakwahnya secara sembunyi-sembunyi agar menjaga keselamatan umat Islam dari kekejaman orang kafir. Hampir tiga tahun lamanya Nabi Muhammad melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi. 

Pada tahun keempat, Nabi Muhammad kembali menerima wahyu kedua, yaitu surat al-muddatstsir ayat 1-7. Ayat-ayat tersebut mengingatkan umat Islam untuk mengetahui balasan atas dosa-dosa yang dilakukan. Nabi Muhammad ditugaskan untuk menaati semua perintah Allah dan menjadi contoh bagi yang lain.

Pada akhirnya, Nabi Muhammad melakukan dakwah secara terang-terangan. Dengan cara mengundang kerabatnya, Bani Hasyim yang berjumlah 45 orang. Namun, sebelum Rasulullah berbicara, Abu Lahab sudah mendahului angkat bicara. Rasulullah hanya diam dan sama sekali tidak berbicara dalam pertemuan itu. 

Akhirnya, setelah melakukan dakwah dalam waktu bertahun-tahun, orang yang pertama yang masuk Islam tidak lain tidak bukan adalah Khadijah binti Khuwalid, istri Nabi Muhammad. Kemudian, orang kedua yang masuk Islam adalah sepupu dari Nabi Muhammad saw., yakni Ali bin Abi Thalib.

Akhirnya, Islam mengalami masa kejayaan di bawah kekuasaan Bani Abbasiyah yang berkuasa sejak Tahun 750 M. Masa ini ditandai dengan berkembangpesatnya lembaga-lembaga pendidikan. Bermunculannya lembaga-lembaga pendidikan ini mendominasi dalam dunia Islam sehingga mempengaruhi pola hidup dan budaya masyarakat Islam.

20
130
Tips-Tips Pembelajaran

Tips-Tips Pembelajaran

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtcd8q80EHpvwTtI9ApcPAXGSlLbEKGmWm1FsjkC-AlZ=s96-c
Muhammad Wiryo Soeripto Wiryo
3 months ago
Singkong sebagai Pengganti Bahan Pokok

Singkong sebagai Pengganti Bahan Pokok

1706083093.jpeg
Ainun
8 months ago
Tradisi Merti Dusun dalam Perayaan Maulid Nabi Muhammad

Tradisi Merti Dusun dalam Perayaan Maulid Nabi Muhammad

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
KA Kirow Multitasker

KA Kirow Multitasker

1714434922.jpg
帅气的尼汉 Han
3 months ago
Rail Tamping

Rail Tamping

1714434922.jpg
帅气的尼汉 Han
2 months ago