ᴡɪᴅᴏᴅᴏ 8 months ago
ᴡᴅ #sains

Kelengkeng

Buah Kelengkeng

Kelengkeng adalah buah yang berbentuk bulat dan agak lonjong. Kulit buah kelengkeng berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi coklat ketika sudah matang. Biji buah kelengkeng berbentuk bulat mengkilap berwarna hitam, yang terbungkus oleh buahnya yang berwarna transparan. Buah kelengkeng memiliki tekstur yang agak kenyal. Kelengkeng merupakan tanaman keras yang mempunyai batang dan kayu yang kuat, sistem perakaran sangat luas, dan mempunyai akar tunggang yang sangat dalam (terutama untuk tanaman kelengkeng yang tumbuh berasal dari biji). Karena hal inilah pohon kelengkeng sangat tahan terhadap kekeringan dan tidak mudah roboh. Setiap tangkai memiliki tiga sampai enam pasang helai daun. Daun tanaman kelengkeng berbentuk bulat panjang, ujungnya agak runcing tidak berbulu, tepinya rata dan permukaannya mempunyai lapisan lilin. Kuncup daunnya berwarna kuning kehijauan, tetapi ada pula yang berwarna merah.


Penyebaran Tanaman Kelengkeng

Tanaman ini telah menyebar ke Indochina (Thailand, Taiwan, Laos, Vietnam, Cambodia), Malaysia, India, dan khususnya Indonesia.


Habitat

Buah kelengkeng biasanya tumbuh di daerah subtropis dan dapat berproduksi baik di dataran rendah yang bersuhu panas yaitu antara 20-33°C pada siang hari dan 15-22°C pada malam hari. Kelembapan udara yang ideal bagi pertumbuhan buah kelengkeng adalah antara 65-90% dengan curah hujan berkisar antara 2500-4000 mm/tahun. Tanah juga merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan proses produksi pertanian. Jenis tanah yang cocok bagi tanaman kelengkeng yaitu tanah yang lempung dan berpasir serta mengandung zat organik. Derajat keasaman (PH) tanah yang diperlukan tanaman kelengkeng antara 5,5 - 6,5 serta memiliki aerasi dan drainase yang baik.


Manfaat Buah Kelengkeng

buah kelengkeng mengandung vitamin C, banyak nutrisi penting, berbagai polifenol, anti peradangan, mengobati penyakit anemia dan kekurangan zat besi, anti-penuaan kulit, dan dapat membantu untuk menurunkan berat badan.


Manfaat Biji Kelengkeng

Biji kelengkeng juga memiliki banyak manfaat. Biji kelengkeng sering digunakan sebagai bahan obat tradisional Tiongkok atau juga sering dijadikan obat kecantikan. Ekstrak biji kelengkeng juga memiliki manfaat bagi kita.

Beberapa manfaat biji kelengkeng:

  1. untuk kecantikan,
  2. sebagai obat tradisional, dan
  3. obat kulit dan menetralisasi racun.


Manfaat Daun Kelengkeng

Daun Kelengkeng juga memiliki banyak manfaat. Namun, di antara beberapa manfaat daun kelengkeng, manfaat yang paling diburu adalah kandungannya yang sangat penting untuk mengatasi gangguan dan penyakit serta menjaga tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Adapun manfaat-manfaat dari daun kelengkeng di antaranya:

  1. menghambat pertumbuhan sel-sel kanker,
  2. meredakan peradangan,
  3. meredakan demam,
  4. menghentikan diare,
  5. menghentikan perdarahan,
  6. mengatasi cacingan,
  7. memperlancar peredaran darah,
  8. mengurangi rasa sakit kepala,
  9. mengatasi keputihan,
  10. memperlancar buang air kecil, dan
  11. memperbaiki ekosistem di usus.


20
266
Gurita Hewan Terpintar

Gurita Hewan Terpintar

defaultuser.png
almatheaaa
8 months ago
Kentang si Ubi Belanda

Kentang si Ubi Belanda

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbUn5LdO_ouUhICX0pUG2VVWqM959FBLyr5noCP=s96-c
Adissya Maulidina Cahyani
8 months ago
Dia Menatap Cermin (Cerpen)

Dia Menatap Cermin (Cerpen)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
1 year ago
Warisan "dia"

Warisan "dia"

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp4CsUSGKGvzdBDDW_sr96cQJQGaiSX1xc_rAIDu=s96-c
Mqnun Amn
8 months ago
Mirip Anggur, Tapi Bukan Anggur?

Mirip Anggur, Tapi Bukan Anggur?

1706572334.jpg
Indira Vania Zalfaruna
8 months ago