sunshine 1 month ago
imda-rahayu

Klasifikasi tanaman

Klasifikasi tanaman hias dan tanaman pangan

Pendahuluan 

Tanaman memiliki beberapa fungsi dalam jenis yang berbeda. Menurut Mr Fakhry tanaman di sekitar Mega Islamic Boarding School kebanyakan berfungsi sebagai tanaman hias dan tanaman pangan. 

Tanaman hias adalah jenis tanaman yang lebih berfungsi pada bidang atau nilai estetika sementara tanaman pangan adalah jenis tanaman yang menghasilkan bahan pangan untuk konsumsi manusia. Klasifikasi dapat digunakan untuk memisahkan jenis tanaman yang termasuk dalam kelompok tanaman hias dan jenis tanaman yang termasuk dalam kelompok tanaman pangan. 



Klasifikasi 

Di kelas kami khususnya dalam pelajaran STEAM. Kami mengenal sistem Classification with Machine Learning yang dapat membedakan beberapa jenis komponen ke dalam kelompok mereka masing-masing. Seperti, apakah brokoli kuning dapat dikategorikan ke dalam kelompok tanaman hias atau pangan. Tanaman memiliki ciri yang beragam satu sama lain dan memiliki fungsi yang beragam pulan, hal ini akan mendorong kita untuk berpikir bagaimana cara mengidentifikasikan tanaman mana yang akan masuk ke kelompok tanaman hias dan tanaman yang masuk ke dalam kelompok tanaman pangan. 

Dalam klasifikasi ini, kita dapat membedakan dua kelompok tersebut dalam hal “tinggi batang” dan “berbuah” (tanaman tersebut berbuah atau tidak). 

  • Dalam kategori “tinggi batang” kita dapat mengamati banyak tanaman yang menduduki wilayah sekitar sekolah ini dan melihat perbedaan yang mencolok dalam hal ini.
  • Dalam kategori “berbuah” kita dapat mengamati tanaman tersebut, apakah ia menghasilkan buah atau tidak.



Classification with machine learning

Metode yang dapat digunakan untuk memisahkan beragam jenis makanan yang ada di sekitar MIBS adalah Classification with machine learning. Metode ini dapat memudahkan kita untuk memisahkan beragam tanaman supaya menduduki kelompok tanaman hias atau kelompok tanaman pangan. 

Jika ingin mengklasifikasikan jenis tanaman ke dalam kelompok tanaman hias atau pangan, kalian harus menemukan ciri yang membedakan kedua kelompok tersebut dan memasukkan jenis tanaman yang cocok dengan kategori yang kalian putuskan untuk membedakan kedua kelompok.



Membuat grafik 

Setelah memilih kategori untuk membedakan kedua kelompok. Kalian harus membuat sebuah grafik dan menuangkan pengamatan (perbedaan) yang kalian dapatkan kedalam grafik. Kalian juga membutuhkan simbol untuk mewakili kelompok mana yang dimiliki jenis tanaman tersebut atau untuk membedakan mana kelompok tanaman hias dan tanaman pangan di dalam grafik tersebut, ini juga akan membantu grafik kalian tetap terlihat rapi. 

Contoh simbol: 

  • H (tanaman hias) 
  • P (tanaman pangan



Menarik garis 

Setelah menyelesaikan langkah “membuat grafik” kita dapat berlanjut ke langkah “menarik garis”. Dalam langkah ini, kalian hanya perlu menentukan di wilayah mana garis yang akan menjadi pemisah antara dua kelompok. Tentukan garis tersebut di wilayah grafik yang kosong atau tidak terisi oleh simbol. Dengan adanya garis pemisah, sisi tanaman hias dan sisi tanaman pangan akan dibatasi oleh garis.



Kesimpulan

Setelah mengikuti langkah-langkah berikut, kalian akan melihat tanaman yang merupakan bagian dari kelompok tanaman hias dan kelompok tanaman yang merupakan tanaman pangan. 


Memutuskan objek klasifikasi → melakukan pengamatan → memasukkan (hasil pengamatan) ke dalam grafik → menarik garis pemisah. 

CRISPR

CRISPR

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
7 months ago
Resensi Cerpen: Meninjau Kisah Seorang Gadis Cantik Berdarah Aceh-Jawa dalam Cerpen Hilang, Tersapu di Banda Aceh

Resensi Cerpen: Meninjau Kisah Seorang Gadis Cantik Berdarah Aceh-Jawa...

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbZ97yQA7BggpwvpsGSYqIacIBhTX9AdF7R8Lkr=s96-c
رحمة عفيفة عزم
4 months ago
Tumbuhan Bertasbih

Tumbuhan Bertasbih

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
8 months ago
Matematika: Nyata & Bahasa Universal

Matematika: Nyata & Bahasa Universal

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Kelengkeng

Kelengkeng

1697548854.jpg
ᴡɪᴅᴏᴅᴏ
8 months ago