LIasTiny 7 months ago
Afifah Aulia Samsudin #sains

Makan dan Minum

Masalah yang sering di sepelekan? apa itu?

Dari Nabi SAW bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri. "Qatadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), "Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?" Anas menjawab: "Itu lebih parah dan lebih jelek." (HR Muslim).

Kita sering kali mendapatkan peringatan seperti yang disebutkan dalam hadis di atas, tidak hanya satu, malah banyak sekali hadis yang menyebutkan perkara makan dan minum sambil berdiri ini. Namun apakah kalian tahu? Bahwa Islam melarang bukan semata-mata melarang tanpa alasan yang jelas. Mengapa? Karena hal ini dapat dijelaskan alasannya secara medis.

Dalam sebuah studi dari Journal of Physiological Anthropology and Applied Human Science, menjelaskan bahwa postur tubuh dalam makan dan minum dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya sistem pencernaan dalam mengolah makanan.

Gangguan sistem pencernaan ini membuat lambung mengosongkan isi perut terlalu cepat sehingga lambung tidak punya banyak waktu untuk memecah zat-zat di dalam makanan. Alhasil nutrisi yang serap oleh usus dan tubuh tidak maksimal.

Hal ini juga berpengaruh pada perut kembung. Jika lambung tidak dapat mencerna makanan dengan baik dan usus tidak bisa menyerap nutrisi, maka perut akan menjadi kembung, bahkan mengeluarkan rasa nyeri, dan membuat perut semakin membesar.

Jika perut membuat pengosongan dengan sangat cepat maka, hal ini akan memicunya makan berlebihan karena kita tidak mudah merasakan kenyang saat makan atau minum sambil berdiri. Saat makan terlalu cepat hormon dalam tubuh yang bertugas menghantarkan sinyal kenyang ke otak (hormon insulin) tidak memiliki waktu bekerja, sehingga saat sudah selesai dan ia mendapatkan kesempatan menghantarkan sinyal maka terjadilah kekenyangan.

Pakar ilmu kesehatan di bidang diet dan nutrisi dari Slim Gourmet Catering, Desy Nur Arsita menyebutkan jika posisi makan ternyata sangat berpengaruh besar bagi tubuh.

“Meskipun memang secara alami lambung akan menerima makanan dari kerongkongan, namun, cepatnya makanan jatuh ke lambung ini ternyata bisa memicu iritasi pada dinding lambung dan berbagai masalah kesehatan lainnya,” jelasnya.

Spesialis saraf RS PKU Muhammadiyah Bantul, dr. Ana Budi Rahayu, Sp.S. menyebutkan bahwa seseorang makan dengan posisi berdiri maka akan terjadi reflux asam lambung (kondisi asam lambung naik ke esofagus yang membuat sel kerongkongan teriritasi).

“Bila kita tetap bandel membiasakan makan minum sambil berdiri dalam jangka waktu panjang, iritasi sel-sel kerongkongan ini akan berakumulasi menyebabkan kanker saluran esofagus,” tuturnya.

Dalam artikel RSI NAMIRA yang diambil dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa orang yang makan dengan posisi duduk mengunyah lebih lama dibanding orang yang makan atau minum dengan posisi berdiri. 

Dalam sebuah penelitian di tahun 2013 juga dijelaskan bahwa makan lebih lambat dapat menurunkan risiko diabetes mellitus (gangguan metabolisme kronis multi etiologi dengan ditandai tingginya kadar gula darah & gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin).

Oleh karena itu, sangat dianjurkan oleh Islam makan dan minum dengan posisi duduk, bahkan melarang dengan posisi berdiri, hal ini justru membuat dampak yang sangat baik oleh tubuh kita.


Referensi: 

Pane Cristy, D.M. 2023. “Dampak Buruk Kebiasaan Makan dan Minum Sambil Berdiri”. Alodokter, 6 April 2023, dilihat pada 3 September 2023. <https://www.alodokter.com/dampak-buruk-di-balik-kebiasan-makan-dan-minum-sambil-berdiri>. 


Petre, Alina and Sharon, Alina. 2023. “Is Eating While Standing Up Bad for You?”. Healthline, 25 Agustus 2023, diakses pada 3 September 2023. <https://www.healthline.com/nutrition/eating-while-standing-up#help-lose-fat>. 


Sengar, Chanchal. 2019. “Drinking Water in Standing Position is Bad, but Why? Know the Reasons”. Onlymyhealth, 21 Oktober 2019, diakses pada 3 September 2023. <https://www.onlymyhealth.com/drinking-water-in-standing-position-is-bad-1571638086>.


Setiawan Wilson. A. 2022.”Benarkah Minum Sambil Berdiri Berbahaya bagi Kesehatan?”. Hellosehat, 21 April 2022, dilihat pada 3 September 2023. <https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/minum-sambil-berdiri/>. 


Tanpa Nama Penulis. “Makan Sambil Berdiri: Tak Dianjurkan Islam dan Dampaknya bagi Kesehatan”. RSI NAMIRA, dilihat pada 3 September 2023. <http://rsinamira.com/makan-sambil-berdiri-tak-dianjurkan-islam-dan-dampaknya-bagi-kesehatan/>.

 

Tanpa Nama Penulis. 2020. “Why Standing and Drinking Water is a Bad Habit”. Times Food, 28 September 2020, dilihat pada 3 September 2023. <https://recipes.timesofindia.com/articles/health/why-standing-and-drinking-water-is-a-bad-habit/photostory/63299255.cms>.

8
131
Masih Merasa Benar?

Masih Merasa Benar?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxY_-GwmwmulI3_C36t7KFnOYdKYOkWt-qZQnObB=s96-c
Nagita Puspa
8 months ago
Malam Selawe

Malam Selawe

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp4CsUSGKGvzdBDDW_sr96cQJQGaiSX1xc_rAIDu=s96-c
Mqnun Amn
8 months ago
Aceh 2004: Apa Hikmah yang Bisa Dipetik?

Aceh 2004: Apa Hikmah yang Bisa Dipetik?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp5cJpdCIp1sCfDRB_QA1EnReZg4M2sOkUWZjVha=s96-c
M. Rifkyy
8 months ago
Helium Works Against Gravity

Helium Works Against Gravity

defaultuser.png
Kinar Kania Kautsarani
8 months ago
Tips-Tips Pembelajaran

Tips-Tips Pembelajaran

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtcd8q80EHpvwTtI9ApcPAXGSlLbEKGmWm1FsjkC-AlZ=s96-c
Muhammad Wiryo Soeripto Wiryo
3 months ago