~fi 8 months ago
alfi zahra #sains

Mengapa Hewan Tidak Memiliki Dinding Sel?

Tahukah kamu kalau ternyata hewan tidak memiliki dinding sel?

Selamat pagi, sore, malam yang lagi baca... gimana kabarnya ni..? 

Ada topik menarik nih yang mesti kalian ketahui, yaitu tentang keunikan sel hewan.

Berbeda dengan sel tumbuhan dan fungi, sel hewan tidak memiliki dinding sel. Karena ternyata hewan tidak membutuhkan dinding sel.

Kenapa ya….? Simak penjelasan berikut!

Sel tumbuhan memiliki dinding sel untuk memberikan struktur dan kekuatan mekanisme sehingga tumbuhan bisa tetap kaku dan berdiri tegak, sedangkan sel hewan tidak membutuhkan dinding sel karena sel hewan memiliki sitoskeleton dan kerangka.

Apa itu sitoskeleton? Eh, ini bukan skeleton minicraft …..!!!

Skeleton adalah kerangka sedangkan sitoskeleton adalah kerangka selnya yang terdiri dari protein - protein berbentuk benang halus (filament) yang terdapat di sitoplasma.

Sel ini berfungsi sebagai pendukung membran plasma, memberikan bentuk sel secara keseluruhan dan menyediakan jalur untuk transportasi vesikel.

Tulang dan jaringan keras lainya pada hewan membentuk sistem kerangka, kemudian memberikan struktur tubuh bagi hewan dan melindungi organ dalamnya, sehingga tidak lagi memerlukan dinding sel.

Selain itu alasan lain mengapa hewan tidak memiliki dinding sel adalah karena hewan memerlukan elastisitas untuk dapat bergerak. Dinding sel terbuat dari bahan yang keras seperti selulosa dan kitin yang mengakibatkan sifat dinding sel keras, kaku dan tidak elastis. Kekakuan tersebut tidak diinginkan pada sel hewan. Karena tidak seperti tumbuhan yang pergerakanya terbatas, hewan harus bergerak bebas untuk bertahan hidup. Karena hewan juga tidak bisa membuat makanan sendiri seperti tumbuhan makanya ia harus bergerak bebas seperti kita untuk bertahan hidup.  

Sitoskeleton memiliki struktur didalamnya yang berupa mikrofilamen dan mikrotubulus. Dua mikro ini juga membantu pergerakan sel hewan. Kedua mikro ini dapat dibongkar, dipasang, berkonsentrasi, dan memungkinkan sel untuk bergerak dan bermigrasi secara bebas.

Satu alasan lagi ni….

Karena sel hewan tidak memiliki dinding sel, mengakibatkan sel hewan memiliki berbagai bentuk sel yang beragam. Bentuk sel yang beragam memungkinkan hewan untuk mengembangkan jaringan dan sistem organ yang lebih beragam daripada tumbuhan untuk menunjang kehidupanya.

Ternyata ada alasan unik ya dibalik ketidak adanya dinding sel pada hewan. 

Oke sekian dulu. Jangan lupa bahagia!!

Sampai ketemu di artikel selanjutnya.



16
229
Sukun sebagai Bahan Pangan Pengganti Beras

Sukun sebagai Bahan Pangan Pengganti Beras

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
8 months ago

Cerita Narasi: Demi Sahabat

Sebuah cerpen karya Widodo Adi Saputra.

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGmF2e-ItdsdYE9TgImFhDGKHoAxklhdWBSBppAr7_YA=s96-c
Fitri Isnaeni
6 months ago
Danau Telaga Warna

Danau Telaga Warna

1697548854.jpg
ᴡɪᴅᴏᴅᴏ
6 months ago
Mana Yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur?

Mana Yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur?

1714638133.jpeg
salmaara
9 months ago
Kode-kodean

Kode-kodean

1714313169.jpg
ᴅᴀʀɪ_ᴀʀʏᴀꜱᴀᴊᴀ
6 months ago