Arjunas 7 months ago
05 : 30 #sains

Mengenal Lebih Dekat "Mata Minus"

Kenapa bisa minus?

Apa itu Rabun Jauh?

Hipermetropia/miopia (rabun) adalah kelainan refraksi yang ditandai dengan penglihatan yang sangat buruk, atau kemampuan melihat dengan jelas hanya benda dekat saja. Namun, melihat objek yang jauh terasa buram. Hal ini terjadi karena bentuk atau panjang bola mata menyebabkan sinar cahaya yang masuk ke bola mata tidak dibiaskan dengan benar. 

Jadi fokusnya pada benda yang jatuh di depan retina. Miopia dapat berkembang secara bertahap atau cepat, terutama pada masa kanak-kanak dan remaja. Miopia cenderung diturunkan dalam keluarga karena faktor genetik dan lingkungan perilaku.

Anda dapat memastikan apakah Anda menderita rabun jauh dengan pemeriksaan mata dasar. Kebanyakan orang mengatasi masalah penglihatan ini dengan memakai kacamata, lensa kontak, dan operasi korektif laser. 

Gejala Mata Minus

Berikut gelaja mata minus yang sering terjadi:

  • Tidak dapat melihat objek yang jauh.
  • Terus-menerus menyipitkan mata.
  • Sakit mata disebabkan oleh ketegangan mata.
  • Berkedip berlebihan.
  • Sering menggosok mata.

Perawatan Mata Negatif

Lensa Korektif

Miopia yang disebabkan oleh bertambahnya kelengkungan kornea atau panjang bola mata perlu ditangani dengan koreksi lensa. Dengan menggunakan lensa negatif, ia membiaskan bayangan benda yang dilihat sehingga benda terfokus dan jatuh mengenai retina. Jenis lensa yang diresepkan biasanya berupa kacamata dan lensa kontak.

Kacamata

Kacamata adalah cara sederhana dan sangat aman untuk meningkatkan penglihatan yang disebabkan oleh miopia. Jenis lensa kacamata meliputi desain monofokal (fokus tunggal), bifokal, atau multifokal (lensa progresif).

Lensa Kontak

Lensa ini dipasang langsung pada permukaan kornea mata. Ada beragam bahan dan desain yang tersedia, termasuk lensa kontak lunak dan lensa kontak keras yang dapat menyerap gas dengan desain bulat dan/atau kombinasi torik (jarang).

Lasik (Laser-Assisted in Situ Kratomileusis)

Dengan mekanisme ini, ahli bedah mata menciptakan flap yg tipis atau tanpa flap pada bagian atas atau pada pada lapisan kornea. Kemudian menggunakan memakai sinar laser buat menghilangkan lapisan pada kornea menggunakan tujuan merapikan & menipiskan bentuk & ketebalan kubah kornea. Pemulihan selesainya operasi lasik umumnya lebih cepat & lebih nyaman dibandingkan operasi kornea lainnya.

Sumber

Pittara (Alodokter). 2022. Miopi (Rabun Jauh). Dilihat pada 18 September 2023, Rabun Jauh - klikdokter.com

Shabrina, Andisa. 2021. Yakin Mata Anda Minus? Coba Cek Ciri-Cirinya di Sini. Dilihat pada 18 September 2023, Miopi (Rabun jauh) - alodokter.com

Tim Medis Klikdokter. 2021. Rabun Jauh. Dilihat pada 18 September 2023, Rabun Jauh (Miopi) - hellosehat.com

18
230
Hari Sumpah Pemuda,

Hari Sumpah Pemuda,

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Lindungi hutan kita

Lindungi hutan kita

1712062096.jpg
ラファエル
6 months ago
Aku, kamu, dan samudra

Aku, kamu, dan samudra

1714696886.jpeg
⋆ ˚。⋆୨୧˚mika˚୨୧⋆。˚ ⋆
1 week ago
Sejarah Hari Lahir Pancasila

Sejarah Hari Lahir Pancasila

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago

Resensi Cerpen: Memahami Arti Kehadiran Seseorang lewat Cerpen Arah Ma...

Memahami Arti Kehadiran Seseorang lewat Cerpen Arah Mata Tenggara Karya Maulida Nasywa Ts...

defaultuser.png
Kinar Kania Kautsarani
5 months ago