Apam
Hafizh 7 months ago
Malikun Nimal #budaya

Apam Barabai

Wadai napa garang?

Apam Barabai

Sebelum membahas sejarah Apam Barabai alangkah baiknya kita mengenal hal tersebut terlebih dahulu. Jadi, Apam Barabai adalah salah satu makanan tradisional khas Kota Barabai yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di Kalimantan Selatan. Makanan ini adalah kue yang memiliki bentuk pipih agak tipis, memiliki rasa yang manis, dan pada umumnya berwarna kuning keemasan dan tidak berbentuk bundar sempurna.

Kue Apam ini tidak mampu bertahan lama karena tergolong ke dalam jenis kue basah, tidak mengandung pengawet, dan bahan-bahannya masih tradisional. Oleh karena itu, kue Apam ini tetap memiliki cita rasa yang otentik dikarenakan proses pembuatan dan bahan baku dari kue ini masih tradisional.

Kue ini dibungkus menggunakan daun pisang dan umumnya dijual di pinggir jalan dengan harga 10.000 Rupiah per bungkus, dan biasanya berisi 10 potong untuk rasa yang original dan 15.000 Rupiah untuk yang memiliki rasa atau yang berwarna. Dan biasanya dijual oleh acil-acil (bahasa banjarnya mbak-mbak atau bisa disebut kakak-kakak).

Sejarah Kue Apam

Kue Apam atau Apem merupakan jenis kue yang berasal dari India. Konon, kue ini dibawa oleh Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan dari Prabu Brawijaya sekembalinya dari perjalanan ke tanah suci Mekah. Namun, karena terlalu sedikit, maka kue ini dibuat ulang oleh istrinya, kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar. Masyarakat pun berbondong-bondong dan berebutan untuk mendapatkan kue tersebut, kemudian Ki Ageng Gribig mengucapkan sebuah kata dengan lantang “ يَاقَوِّيُ ” yang berarti “Tuhan berilah kekuatan”.

Tidak lama kemudian, kue ini dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Kue Apem, yang berasal dari bahasa arab ” عَفَاyang memiliki arti maaf atau ampunan. Menurut Ki Ageng Gribig ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar selalu mengingat dan memohon ampunan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sumber

Tanpa nama penulis. 2023. “Apam Barabai”.Wikipedia. 07 September 2023, dilihat 6 September 2023. <https://id.wikipedia.org/wiki/Apam_Barabai>

17
376
Ondb Land = Enough But Not Last

Ondb Land = Enough But Not Last

1714290832.png
Azhnrkhlf
5 months ago
Untuk Mengejar Sebuah Impian Harus Ada yang Dikorbankan

Untuk Mengejar Sebuah Impian Harus Ada yang Dikorbankan

1714290832.png
Azhnrkhlf
8 months ago
Tumbuhan Bertasbih

Tumbuhan Bertasbih

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
8 months ago
Lubang Hitam(Black Hole)

Lubang Hitam(Black Hole)

1714313169.jpg
ᴅᴀʀɪ_ᴀʀʏᴀꜱᴀᴊᴀ
1 year ago

Peran Penting Sains dan Teknologi

Tahukah anda jika sains dan teknologi akan memainkan dunia

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp4CsUSGKGvzdBDDW_sr96cQJQGaiSX1xc_rAIDu=s96-c
Mqnun Amn
6 months ago