ᴍ. ʀᴀғʟɪ 8 months ago
55:13 #sains

Olympus Mons

Gunung berapi terbesar di tata surya kita.

Mengenal Olympus Mons

Olympus Mons (Gunung Olympus) merupakan gunung berapi terbesar di tata surya kita, yang terletak di planet Mars.

Olympus Mons memiliki tinggi lebih dari 21,9 kilometer yang diukur dengan Mars Orbiter Laser Altimeter (MOLA), dan membentang sepanjang 601 kilometer. Karena tidak ada air di Mars, tidak mudah bagi para peneliti untuk mengukur ketinggian dataran di planet ini. Dengan demikian, para ilmuwan telah menetapkan 'permukaan laut' yang efektif di Mars. Tempat ini dikenal dengan nama aeroid yang merupakan bola imajiner yang memiliki radius ekuator rata-rata Mars.

Olympus Mons merupakan gunung berapi yang berbentuk perisai yang sangat besar, yang dibangun oleh lava yang sangat cair sejak awal pembentukan planet Mars. Letusan terakhir dari Olympus Mons diperkirakan terjadi sekitar 25 juta tahun yang lalu. Yang lebih mengesankan lagi, di puncak Olympus Mons ada sebuah kawah besar yang membentang sepanjang 80 kilometer.

Uniknya, meskipun Olympus Mons memiliki tinggi tiga kali lipat dari Gunung Everest di Bumi, Olympus Mons tidak sulit untuk didaki manusia. Karena lerengnya yang landai dan gravitasi Mars yang lebih rendah dibandingkan gravitasi Bumi. Dengan luas mencakup seluruh rangkaian gunung berapi Hawaii, lereng Olympus Mons biasanya hanya naik beberapa derajat setiap beberapa puluh meter.

Olympus Mons masih merupakan gunung berapi yang relatif muda. Meskipun telah memakan waktu miliaran tahun untuk terbentuk, beberapa wilayah dari gunung ini mungkin hanya berusia jutaan tahun. Dengan demikian, Olympus Mons mungkin masih merupakan gunung berapi aktif yang berpotensi meletus.

Foto di atas ini dipotret oleh wahana antariksa Mars Express milik European Space Agency, yang hingga kini masih aktif mengitari Planet Merah.

29
171
Serangga atau non serangga

Serangga atau non serangga

1706491159.jpeg
sunshine
1 month ago
There was an explosion on the motorbike you were using?

There was an explosion on the motorbike you were using?

defaultuser.png
Adila
1 month ago
Kepribadian Seseorang

Kepribadian Seseorang

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtet6ELyO0wwyKbhPRqKalL1N6kMGKHX2C5l_f-AFeOFfg=s96-c
gsyya
8 months ago

Teknologi

sebenarnya apa itu teknologi sih?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGSC-4tJu0GSVhJhWaL17Y4Nj_9JS0uMP28p9QmlBg=s96-c
ALE-ALE
6 months ago
Sejarah Alam Semesta

Sejarah Alam Semesta

1713878955.jpeg
llovie
5 months ago