ʜᴀᴍʙᴀᴍᴜ ʀᴏᴅᴏ ᴘɪᴇ #sains

Otot

sedikit informasi mengenai otot

Otot yaitu suatu jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang, karena otot saling berkontraksi sehingga menghasilkan gerakan. Otot terbentuk dari serabut sel otot yang semuanya dilapisi oleh jaringan pelindung. Otot melakukan kontraksi dan relaksasi menggunakan ATP. Otot berfungsi sebagai alat gerak, stabilitas atau keseimbangan dan termogenesis. Menurut ilmu tataan jaringan atau histologi otot dan lokasi jaringan otot dikelompokkan menjadi 3 yaitu: otot rangka, otot jantung dan otot polos. Otot dapat berkontraksi atau membuat gerakan aktif dan berelaksasi dikarenakan adanya ketersediaan energi dari sistem energi. Kontraksi otot yang aktif pada tubuh manusia mampu melakukan kerja seperti mesin. Otot dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung.

Otot lurik

Memiliki bentuk yang efektif untuk pergerakan yang spontan dan memerlukan tenaga besar. Otot ini mudah lelah, karena terjadinya sebuah penumpukan asam laktat pada sel-selnya. Kontraksi otot lurik berawal dari sinyal motorik yang berasal dari otak yang sadar (bukan refleks). Otot ini berada pada hampir keseluruhan tubuh bagian luar manusia dan hewan. 

Otot Polos

Otot yang ditemukan dalam organ pencernaan dan pembuluh darah, akan aktif dengan pengaturan dari sistem saraf tak sadar atau saraf otonom. Otot polos dibentuk oleh sel-sel otot yang terbentuk dari gelendong dengan kedua ujung meruncing, serta mempunyai satu inti tunggal.

Otot Jantung

Otot yang bekerja khusus untuk memompa darah pada jantung ini adalah jaringan otot yang sanggup berkontraksi secara terus-menerus tanpa henti. Pergerakannya tidak dipengaruhi sinyal saraf pusat. Otot jantung juga dapat dipengaruhi oleh interaksi saraf simpatetik atau parasimpatetik yang memperlambat atau mempercepat laju denyut jantung, tetapi tidak dapat mengontrolnya secara sadar. [Wikipedia, 2023]

Referensi : 

Penulis Tanpa Nama, 2021. “Otot”. Wikipedia.com, 23 Juni 2023. Dilihat pada 12 Oktober 2023. <https://id.wikipedia.org/wiki/Otot>

14
117
Mengapa Pluto Tidak Disebut Lagi Sebagai Planet?

Mengapa Pluto Tidak Disebut Lagi Sebagai Planet?

1710468171.jpeg
Chel
8 months ago
Anekdot: Sekolah Inter

Anekdot: Sekolah Inter

1706535160.jpg
frey✩
6 months ago
Bagaimana Etika Saat Makan Bagi Orang yang Berpuasa Menurut Rasulullah?

Bagaimana Etika Saat Makan Bagi Orang yang Berpuasa Menurut Rasulullah...

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
3 months ago
Peran Big Data Dalam Revolusi Industri Masa Kini dan Masa Depan

Peran Big Data Dalam Revolusi Industri Masa Kini dan Masa Depan

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
9 months ago
Hadiah dari Peristiwa Isra' Mi'raj

Hadiah dari Peristiwa Isra' Mi'raj

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago