https://b.cloudcomputing.id/images/6a1877f5-1fd6-410f-9782-0fbc6a499824/big-data-new-l-min.jpg
printoutln("Kaka") 9 months ago
awokakaka #sains

Peran Big Data Dalam Revolusi Industri Masa Kini dan Masa Depan

Seberapa besar sih peran big data terhadap perusahaan yang berkembang di era revolusi industri masa depan? Yuk cari tahu...

Big Data merupakan suatu kumpulan data tertentu. Sesuai dengan namanya, data ini memiliki jumlah yang besar. Selain itu, data ini juga memiliki beragam data yang sangat cepat terbentuk. Dengan ukuran data yang sangat besar tersebut, data ini tidak bisa diolah oleh sembarang sistem komputer. Kegunaan data ini adalah untuk mengatasi masalah bisnis yang sebelumnya kesulitan untuk mengumpulkan data-data penjualan ataupun data-data lainnya.

Tanpa disadari, kita sebagai manusia membuat sebuah big data setiap harinya. Dengan kita meng-upload foto, mengirim teks lewat internet, bahkan memuat artikel inipun merupakan suatu kegiatan yang membuat sebuah big data. Aktivitas-aktivitas tersebutlah yang jika dikumpulkan akan menjadi kumpulan big data tersendiri.

Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem big data ini. Data-data tersebut akan diolah menjadi sebuah informasi berupa diagram atau model data-data yang lain yang kemudian akan memberikan insight lebih kepada perusahaan untuk pengambilan keputusan. Kita juga dapat melakukan pemodelan data dengan menggunakan artificial intelligence dan machine learning (mungkin penulis akan membahas tentang machine learning di artikel selanjutnya).

Pentingnya big data tidak pada jumlah yang dimiliki big data tersebut. Melainkan, bagaimana cara kita mengolah dan mengelola data-data tersebut. Hasil dari big data yang telah diolah tersebut dapat dijadikan keputusan dalam hal seperti cybersecurity dan pengambilan keputusan bisnis. 

Contoh implementasi big data dalam industri masa kini sudah banyak diterapkan. Salah satu contohnya adalah perusahaan e-commerce. Perusahaan e-commerce tentu memerlukan sebuah big data untuk menyimpan data-data pengguna dan barangnya. Akun, stok barang, ketersediaan barang, dan lain-lainnnya telah diolah dan dikelola dengan baik oleh perusahaan e-commerce tersebut. Tentunya, barang-barang tersebut dikategorikan sesuai dengan jenis barang tersebut.

Di balik itu semua, ada peran besar ilmu Data Science yang harus dimiliki untuk mengelola big data tersebut. Jenis data yang terstruktur maupun tidak terstruktur bisa diselesaikan dengan ilmu Data Science. Oleh karena itu, peranan Data Science di revolusi industri saat ini memiliki peran yang sangat vital. Sehingga, diperlukan pengetahuan tentang Data Science untuk semua orang yang bekerja di bidang IT maupun non-IT pada saat revolusi industri saat ini.

20
179
Perjalanan Mata, Hari, dan Hati

Perjalanan Mata, Hari, dan Hati

1714290832.png
Azhnrkhlf
8 months ago
Tiba-Tiba Bersin?

Tiba-Tiba Bersin?

defaultuser.png
almatheaaa
8 months ago
Planet J1407b

Planet J1407b

1705726507.jpg
Rakha Bibit Pramono
8 months ago
Bintang Mencium Lautan

Bintang Mencium Lautan

1713878955.jpeg
llovie
3 months ago
Princess Diana, Princess of Wales

Princess Diana, Princess of Wales

1706238318.jpeg
idk
7 months ago