Chel 9 months ago
Lois Miracle #budaya

Tradisi Saparan

Tradisi Saparan di Boyolali

Pada bulan Sapar di Boyolali mengadakan Tradisi Saparan. Saparan yang berasal dari kata Sapar (Safar), sehingga acara ini diadakan setiap bulan Safar. Upacara Adat Saparan merupakan tradisi budaya jawa yang dilakukan sebagai wujud rasa syukur dengan tujuan agar diberikan keselamatan hidup di dunia dan di akhirat.

Di acara ini, ada pembagian gunungan apem setinggi 2,5 meter yang selalu habis diserbu warga. Ada sekitar 30 ribu apem yang dibagikan dalam acara ini yang diawali dengan arak- arakan dengan gunungan apem dan biasanya dihadiri masyarakat dari berbagai daerah. Kemudian dilanjutkan dengan doa bersama dan dibagikan kepada masyarakat.

Tradisi ini telah berumur ratusan tahun, pada masa pemerintahan Paku Buwono II di Keraton Surakarta. Awal mula tradisi ini, konon dimulai karena terjadi wabah hama keong mas yang menyerang tanaman warga. Sang raja lalu memerintahkan agar keong emas itu dimasak dengan cara dikukus dan dibalut janur (daun kelapa muda). Setelah wabah hilang, sebagai rasa syukur warga membuat apem kukus keong mas untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat luas. Tradisi itu akhirnya berlanjut sampai sekarang.

15
253
Sudah Olahraga?

Sudah Olahraga?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
LIasTiny
8 months ago
Tari Topeng Lengger

Tari Topeng Lengger

1697548854.jpg
ᴡɪᴅᴏᴅᴏ
8 months ago
Saprofit

Saprofit

1714468629.jpeg
Zakiyy
7 months ago
Maafkan Aku Kak (Cerpen)

Maafkan Aku Kak (Cerpen)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
1 year ago
Vampir di Dunia Nyata

Vampir di Dunia Nyata

1710565416.jpeg
naaa
8 months ago