Mqnun Amn 11 months ago
BukanPengemis #bahasa

Rasa1

Huruf pertama series "Rasa" Bahagia

Aku yakin semua orang pasti ingin yang namanya bahagia. Setiap saat memohon kepada Allah agar dijadikan hidupnya selalu bahagia tanpa masalah. Tapi, apa itu bahagia yang sebenarnya, sih?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahagia bisa diartikan sebagai keadaan senang dan tenteram (bebas dari yang menyusahkan). Sedangkan menurutku pribadi, bahagia adalah sikap pikiran dan perasaan yang merasa cukup dan puas secara lahir dan batin. 

Bahagia tak menunggu kaya atau memiliki rumah yang besar. Belum tentu orang kaya itu bahagia. Uang bukan kunci untuk menuju kebahagiaan. Mungkin gembira atau senang, namun belum tentu akan bahagia. Bahagia dengan gembira adalah sesuatu yang berdekatan, namun berbeda

Bahagia adalah kesejahteraan, terbebas dari hal yang menyengsarakan. Sedangkan gembira adalah rasa bersuka cita. Bahagia muncul dari dorongan internal, sedangkan gembira muncul dari dorongan eksternal. Gembira hanya diekspresikan sesaat, namun bahagia bisa diekspresikan sampai bertahun-tahun lamanya. 

Sebagai contoh, seorang pencuri berhasil membawa belasan hingga puluhan juta uang tunai. Pasti pencuri itu gembira. Tetapi belum tentu ia bahagia dengan uang itu. Seorang pencuri hanya sekadar menikmati kesenangan duniawi yang sementara. Namun, pencuri tak akan bahagia di kemudian hari. Contoh lainya, jika seseorang sedang merayakan ulang tahunya. Orang itu pasti gembira, namun di dalam hatinya ia merasa resah karena biaya ulang tahunnya dari meminjam temannya.

Sederhananya tertawa adalah gembira dan tenang adalah bahagia. Jika hidup hanya mengejar kegembiraan dan kesenangan, seseorang bisa kehilangan tujuan jangka panjang hidupnya. Ia memuaskan hasrat dan kesenangan sementara, padahal itu bisa mengancam masa depannya. 


(Berbagai sumber)



17
205
Ondel-Ondel Khas Betawi

Ondel-Ondel Khas Betawi

1715132921.jpeg
Nasya
9 months ago
Sahabat Nabi Masih Ada Sampai Sekarang?

Sahabat Nabi Masih Ada Sampai Sekarang?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbZ97yQA7BggpwvpsGSYqIacIBhTX9AdF7R8Lkr=s96-c
رحمة عفيفة عزم
9 months ago
Mozaik Ramadan: Tradisi Bukber dalam Ramadan

Mozaik Ramadan: Tradisi Bukber dalam Ramadan

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Gantry crane

Gantry crane

1714434922.jpg
帅气的尼汉 Han
6 months ago
Perihal Bapak

Perihal Bapak

defaultuser.png
Kinar Kania Kautsarani
5 months ago