Afra Septi Kania 3 weeks ago
afra-septi-kania

Semangat Nasionalisme Untuk Mempertahankan Wilayah Indonesia

tugas civic

Kawasan Ambalat yang terletak pada daerah laut sulawesi atau selat makasar menjadi perebutan negara malaysia dan indonesia. Setelah masing-masing negara merasa perlu untuk menegaskan batas wilayah dalam beberapa perundingan, barulah isu Ambalat ini mengemuka dan menjadi agenda diplomatik kedua negara. Ada banyak alasan yang menyebabkan suatu negara begitu sensitif dengan isu perbatasan Wilayah:

Pertama, hilangnya wilayah dapat berarti hilangnya potensi kekayaan alam yang berada di bawah permukaan tanah, seperti mineral dan bahan tambang. Kandungan minyak dan gas bumi di daerah blok ambalat yang terletak di bagian timur kalimantan terdetiksi memiliki sumber cadangan minyak yang banyak sehingga sangat menguntungkan bagi negara kita.

Kedua, dalam politik internasional, hilangnya wilayah karena klaim atau sengketa yang akan mengakibatkan citra suatu negara dan level internasional maupun regional yang sangat berpengaruh apalagi setelah malaysia memenangkan klaim terhadap pulau Sipadan dan Ligitan beberapa tahun lalu akan cenderung merasa superior.

Dengan demikian, sengketa Ambalat menjadi ajang pembuktian pada kepemimpinan Indonesia di level regional maupun internasional dan sengketa ini tidak hanya tentang sumber daya alam tetapi juga tentang masalah kedaulatan dan harga diri bangsa indonesia yang bisa merebut kembali wilayah ambalat milik bangsa Indonesia. 

Sengketa batas wilayah ini tidak hanya menyangkut masalah kedaulatan tetapi juga masalah ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan. di wilayah ambalat sendiri memiliki sumber daya alam yang besar seperti, minyak dan gas. maka dari itu pemerintah RI berusaha mempertahankan daerah tersebut.

Kita sebagai warga negara indonesia juga harus melakukan dukungan terhadap pemerintah dalam mempertahankan daerah ambalat tersebut dengan terus mendorong terhadap pemerintah agar bisa mempertahankan daerah sengketa tersebut, Persengketaan mempertahankan Blok Ambalat ini menimbulkan efek nasionalisme yang luar biasa dari warga negara Indonesia di berbagai belahan nusantara.

Unjuk rasa dan Demo atas pernyataan sengketa ambalat terjadi dimana-mana, baik dilakukan oleh sekelompok mahasiswa atau rakyat-rakyat lainnya yang terus mendorong pemerintah untuk bersikap tegas dalam mempertahan wilayah ambalat tersebut, jangan sampai blok Ambalat jatuh ke tangan Malaysia.

Di Makasar telah dibentuk Front Ganyang Malaysia yang membuka pendaftaran bagi sukarelawan yang siap diterjunkan dalam medan perang jika diperlukan, semangat nasionalisme berkobar di mana-mana. Situasi di daerah perbatasan juga ikut memanas, kedua negara mengerahkan peralatan militernya, baik udara, darat maupun laut sebagai bentuk kesiapan mereka dalam menjaga kedaulatan wilayahnya.

Maka dari itu mari kita bersama-sama bersatu dalam menjaga wilayah negara kita sendiri dan tetap bersikap nasionalisme terhadap apa yang terjadi dalam keputusan sidang sengketa nantinya, mari kita terus mendukung dan bersemangat mempertahankan kesatuan Republik Indonesia kita.

Sebagai pelajar, kita bisa menumbuhkan rasa cinta kita terhadap tanah air kita dengan mengenal sejarah dan budaya bangsa kita. Tak hanya mengenalnya untuk diri sendiri, kita juga bisa membagikan pengetahuan dan kecintaan kita kepada teman di sekitar kita.



10
40
Para Pendekar Dimensi (Permulaan)

Para Pendekar Dimensi (Permulaan)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
1 year ago
Sayyida Al Hurra dari Andalusia

Sayyida Al Hurra dari Andalusia

1714290832.png
Azhnrkhlf
1 year ago
SESUHUNAN AGUNG / SULTHAN AGUNG

SESUHUNAN AGUNG / SULTHAN AGUNG

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdlHrC4Gt7ulAy_8ioR7i2_YfiW19Yxf_jy36ZwStiwtw=s96-c
Arjunas
2 months ago
Caesar Cipher

Caesar Cipher

1715935682.jpeg
ainun
6 months ago
Filosofi Ketupat Opor

Filosofi Ketupat Opor

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 year ago