Adila 3 weeks ago
Adila Salvania S

Sengketa wilayah ???

Hal yang perlu diketahui sebagai warga negara yang baik

Sebagai negara yang dikelilingi lautan, Indonesia tidak lepas dari masalah segketa wilayah. Banyak kasus segketa wilayah yang terjadi diwilayah Indonesia seperti sengketa pulau Sipadan dan Ligitan, blok Ambalat, dan lainnya. Wilayah lautan cukup sulit untuk diberikan batas yang jelas. Ini menjadi salah satu alasan terjadinya sengketa wilayah. Dilansir dari kompas.com, Berkaca dari beberapa kasus sengketa batas wilayah antara Indonesia dengan Malaysia, setidaknya ada tiga hal yang menjadi penyebab sengketa, yaitu: 

- Perbedaan pandangan terkait garis pembatas teritorial 

- Perbedaan pandangan atas beberapa perjanjian 

- Ketidakjelasan garis perbatasan yang dibuat oleh Belanda dan Inggris

Menurut Arifin.S (2016) Secara teoretis dan yuridis, pola penyelesaian sengketa batas wilayah dapat dilakukan melalui dua metode, yakni: metode non hukum melalui negosiasi dan mediasi atau bisa disebut juga dengan metode penyelsaian sengketa secara administratif; dan metode hukum, melalui sarana peradilan.

Sebagai warga negara yang baik tentunya kita tidak akan tinggal diam. Setidaknya kita perlu mengetahui batas wilayah negara kita sendiri. Dengan begitu, ketika terjadi pelanggaran kita dapat saling mengingatkan satu sama lain, antara masyarakat dan pemerintah. Kita juga harus menegur ketika ada pihak lain yang melanggar. Jika kita sudah tidak mampu, serahkan kepada pemerintah agar diatasi dengan benar.

Kita juga pelajar, yang memiliki kewajiban belajar. Mungkin nanti dimana depan kita dapat menciptakan teknologi yang dapat menjaga batas wilayah, baik di wilayah daratan maupun lautan. Sehingga Hal ini dapat diawasi dengan lebih mudah dan efektif.


Mari kita sama-sama menjaga wilayah Indonesia ini!

Sumber:

Arifin, S. (2016). Penyelesaian Sengketa Batas Daerah Menggunakan Pendekatan Regulasi. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 23(3), 439-460.

Mengapa Terjadi Sengketa Batas Wilayah antara Indonesia dan Malaysia?

Gambar


Puisi untuk Ibu

Puisi untuk Ibu

defaultuser.png
suheylakhansa l.l.
8 months ago

Cerita Narasi: Bersahabat yang Baik

Sebuah cerita narasi karya Alvaro Nauval Hadi

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGmF2e-ItdsdYE9TgImFhDGKHoAxklhdWBSBppAr7_YA=s96-c
Fitri Isnaeni
6 months ago
Sebuah Cangkir Penuh Emosi

Sebuah Cangkir Penuh Emosi

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Cinta Tanah Air

Cinta Tanah Air

1691587270.jpg
Andreans
1 week ago