almatheaaa 8 months ago
almathea chelsea putri m. #sains

Tiba-Tiba Bersin?

kenapa manusia bisa bersin?

Kenapa manusia bisa bersin?

Sering gak sih kita tiba-tiba bersin?

Terkadang kita memang tidak leluasa melakukan bersin karena waktu dan kondisi yang kurang tepat. Apalagi jika waktunya tidak tepat dapat membuat terkejut bagi yang mendengar. Padahal sebenarnya, bersin adalah suatu peristiwa mekanisme tubuh untuk membersihkan hidung dari partikel asing seperti debu, asap, dan kotoran, lho!. Bersin juga berfungsi sebagai pertahanan pertama tubuh dalam melawan bakteri.

Lantas pertanyaannya, mengapa bersin sering tidak ada tanda-tandanya? Namun ketika merasa ingin bersin malah justru tidak jadi. Dan mengapa jika sedang sakit sering mengalami bersin?

Jadi, bersin dapat terjadi ketika kita beraktifitas berlebih di luar ruangan yang terdapat partikel debu dan kotoran yang bercampur. Kemudian hidung menghirup udara tersebut sehingga kotoran dan debu masuk kedalamnya. Nah, ketika kotoran dan debu itu mengenai bulu hidung, saraf dengan segera memproduksi histamin yang membuat hidung terasa gatal dan mengirim sinyal ke otak.

Setelah otak menerima sinyal tersebut, segeralah otak mengirim sinyal kembali kepada otot tenggorokan. Oleh karenanya terjadilah bersin.

Bersin tidak hanya terjadi karena debu maupun kotoran. Banyak hal yang menyebabkan kita bersin. Paling umum biasanya terjadi karena infeksi saluran pernapasan akibat virus influenza.

Kenapa orang sakit flu sering mengalami bersin?

Hal ini terjadi karena daya tubuh kita sedang lemah. Orang yang mengalami alergi akan merespon organisme asing yang masuk melalui hidung biasanya akan mengalami bersin, karena bersin adalah cara terbaik tubuh dalam mengeluarkan organisme tersebut.

Dalam islam, bersin merupakan salah satu nikmat yang Allah berikan kepada hambanya. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari No. 6223 dan Muslim no. 2994). 

Namun terkadang kenapa saat hidung kita merasa gatal justru tiba-tiba bersin? 

Hal ini terjadi karena kita ragu untuk bersin. Namun alangkah baiknya kita tidak menahan bersin. Apalagi apabila kita sengaja dengan menutup lubang hidung untuk mencegah bersin, hal ini justru menghambat tubuh saat melakukan mekanisme perlindungan tubuh. Bahkan tidak jadi bersin bisa menjadi gejala dari masalah THT, lho!

Jadi, hindarilah menahan bersin karena itu tidak baik untuk kesehatan. Terpenting jika kita bersin alangkah baiknya ditutup dengan tisu kemudian cuci tangan menggunakan sabun.

Yang terakhir, tetap jaga kesehatan ya teman teman. Terimakasih.

18
184
Bersama kita jaga Indonesia!

Bersama kita jaga Indonesia!

1714290832.png
Azhnrkhlf
1 week ago
Resensi Cerpen 'Tak Sama'

Resensi Cerpen 'Tak Sama'

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
5 months ago
Perintah Shalat

Perintah Shalat

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
1 year ago
Polyalphabetic Cipher

Polyalphabetic Cipher

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
6 months ago
Awal Membaranya Kota Surabaya 1945

Awal Membaranya Kota Surabaya 1945

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago