Andreans 8 months ago
ㅤㅤㅤ #bahasa

Ubi Jalar pengganti Beras

Ubi jalar bahan pangan lokal pengganti beras

Pendahuluan

Ubi jalar memiliki nama latin ipomoea batatas. Ubi jalar merupakan ubi-ubian yang memiliki warna krem dan berdiameter 3,7-5,4 cm. Ubi jalar biasanya banyak dikonsumsi di pedesaan. Pada zaman dulu, ubi jalar dijadikan sebagai bahan pangan sehari-hari oleh masyarakat, terutama pedesaan. Sekarang ini, konsumsi beras semakin meningkat, sedangkan produksi padi di Indonesia tidak dapat menutup kebutuhan akan beras. Karena itu, kita perlu mempertimbangkan pemanfaatan ubi jalar sebagai makanan pokok seperti pada masa lampau. Sekarang kita harus mengkonsumsinya lagi karena tidak dapat hanya tergantung pada beras. Mungkin jika kita tergantung pada konsumsi beras terus menerus dalam jangka waktu yang lama, beras akan semakin langka atau bahkan punah dari bumi, dan mungkin kita harus pindah ke mars. Mengonsumsi ubi jalar sebagai bahan pangan pengganti nasi adalah pilihan yang tepat, karena ubi jalar lebih banyak vitamin. Mari kita bersama sama mengkonsumsi ubi jalar yang kaya vitamin dan manfaat bagi tubuh kita.

Argumentasi

Ketergantungan pada beras sebagai sumber utama energi berlanjut sampai sekarang ditengah bukti-bukti akademis bahwa Indonesia memiliki banyak sumber pangan lain yang dapat menggantikan beras. Salah satu pangan yang menggantikan beras tersebut adalah ubi jalar. Penanaman ubi jalar tersebar luas di provinsi Jawa Barat, Papua, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, NTT, Bali, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara. Hasil pertanian ubi jalar terbesar dihasilkan oleh Provinsi Sumatera Barat . Menurut data dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2018, hasil panen ubi jalar di Sumbar mencapai 112.919 ton. Hal inilah yang kemudian membuat Sumbar menjadi salah satu daerah penghasilan ubi jalar terbanyak di Indonesia. Meskipun merupakan potensi pangan yang besar, perhatian pada ubi jalar masih sedikit.

Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori (energi) yang cukup tinggi. Kandungan karbohidrat ubi jalar berada di peringkat keempat setelah padi, jagung, dan ubi kayu. Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin dan mineral sehingga cukup baik untuk memenuhi gizi dan kesehatan masyarakat. Vitamin yang ada di ubi jalar diantaranya yaitu vitamin A yang sangat penting bagi kesehatan mata, vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan zat antioksidan. Jenis antioksidan yang terkandung dalam umbi ini yaitu beta karoten, asa, klorogenat ,antosianin. Selain itu di dalam ubi jalar juga mengandung gizi yang utama yakni pati. Maka dari itu, ubi jalar sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pengganti nasi.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki ubi jalar. pertama, ubi jalar memiliki serat yang cukup tinggi dibandingkan dengan nasi. Serat yang terdapat pada ubi menyebabkan bahan makanan ini lebih mudah dicerna dibandingkan dengan nasi. Yang kedua, kalori yang rendah dibandingkan dengan nasi, ubi dan nasi memang memiliki jumlah kadar kalori yang berbeda. Seratus gram nasi mengandung 130 Kkal, sedangkan pada takaran yang sama, ubi jalar mengandung 90 Kkal. Yang ketiga, ubi jalar lebih mengenyangkan daripada nasi, karena ubi jalar memiliki karbohidrat kompleks jadi mudah untuk mengenyangkan dan tidak mudah lapar. Kita perlu mengonsumsi ubi dalam jumlah yang lebih banyak, seperti mengganti satu centong kecil nasi (100 gram) dengan 1 ubi jalar kuning berukuran sedang (135 gram). Ubi jalar memiliki manfaat yang unggul dari pada nasi.

Kesimpulan

Jadi ubi jalar adalah salah satu jenis umbi-umbian yang kaya karbohidrat . Ubi jalar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki ubi jalar yaitu ubi jalar memiliki serat yang cukup tinggi dibandingkan dengan nasi, kalori yang rendah, dan ubi jalar lebih mengenyangkan daripada nasi. Ubi jalar memiliki manfaat yang unggul dari pada nasi. Ubi jalar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ubi jalar juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Ubi jalar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan layak dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi, tunggu apa lagi teman-teman ayo kita bersama sama mengkonsumsi dan makan ubi jalar.

20
249
Strawberry and the Sensations

Strawberry and the Sensations

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
8 months ago
Niaga Di Atas Air

Niaga Di Atas Air

1707117993.jpeg
Hafizh
9 months ago
Segi Tiga yang Aneh

Segi Tiga yang Aneh

defaultuser.png
suheylakhansa l.l.
6 months ago
Chocolate: A Delicious Treat with Health Benefits

Chocolate: A Delicious Treat with Health Benefits

defaultuser.png
Adila
8 months ago
Ziryab ‘Si Burung Hitam’

Ziryab ‘Si Burung Hitam’

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbRZBJNyF0apn4wnharSchsHEnT2nHKGvQM99xF=s96-c
Disa Maharani
9 months ago