Salisa Najwa 8 months ago
snajwa #islamic

Al-Khawarizmi

Penemu Angka Nol dan Bapak Aljabar Dunia


Biografi

Al-Khawarizmi memiliki nama lengkap Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī. Al-Khawarizmi lahir di Khawarizm yang sekarang dikenal dengan kota Khiva di Uzbekistal sekitar tahun 780 M. Semasa hidupnya beliau bekerja di Sekolah Kehormatan yang didirikan oleh Khalifah Al-Ma’mun. Di sanalah beliau banyak menulis berbagai gagasan dan mempublikasikan buku ilmu pengetahuan baik di bidang matematika, astronomi, sejarah maupun geografi, termasuk mempelajari terjemahan literatur sansekerta dan Yunani.

Karya

Karya pertama beliau dipublikasikan dalam buku al-Jabar , buku tersebut merupakan buku pertama yang menjelaskan solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Hasil pemikiran beliau dalam buku al-Jabar dianggap sebagai revolusi besar dalam bidang matematika. Beliau berhasil mengintegrasikan konsep-konsep geometri dari matematika yunani kuno ke dalam konsep matematika yang baru. Al-Khawarizmi juga berkontribusi terhadap cabang aritmatika, hasil pemikirannya mengenai bidang ini dituangkan dalam karyanya yang berjudul Kitāb al-Jam’a wa-l-tafrīq bi-ḥisāb al-Hind. Kitab tersebut dikenal sebagai buku ilmu pengetahuan pertama yang ditulis menggunakan sistem bilangan desimal.

Pengaruh Al-Khawarizmi dalam Bidang Ilmu Pengetahuan

  1. Menemukan konsep aljabar yang kita kenal sekarang melalui buku Al-Jabar yang berisi mengenai persamaan linear dan kuadrat.
  2. Orang yang pertama menjelaskan dan mempopulerkan kembali penggunaan angka nol serta mengenalkan sistem notasi desimal dan tanda pengalian dua.
  3. Model pembuatan peta dunia yang dituliskan dalam buku ṣūrat al-Arḍ yang digunakan para ahli geografi barat dalam menggambar peta.


Al-Khawarizmi dalam Bidang Komputer

Ilmu pengetahuan matematika sangat berperan dalam pengembangan komputer dan teknologi, dan itu tak terlepas dari peran Al-Khawarizmi di dalamnya. Salah satu kontribusi yang dilakukan oleh Al-Khawarizmi yang cukup besar untuk perkembangan bidang komputer adalah memperkenalkan angka (0) dalam sistem penomoran Arab, yang nantinya diadaptasi pada bidang komputer. Angka nol sangat berperan penting , dan angka nol adalah bagian yang ada dalam kode biner dan merupakan dasar dari pembentukan program komputer.


32
1.4K
Malam Selawe

Malam Selawe

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp4CsUSGKGvzdBDDW_sr96cQJQGaiSX1xc_rAIDu=s96-c
Mqnun Amn
8 months ago
Kubah Hijau di Bawah Langit Biru : Debu Jalan

Kubah Hijau di Bawah Langit Biru : Debu Jalan

1707117993.jpeg
Hafizh
7 months ago
Gunung Berhantu

Gunung Berhantu

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtet6ELyO0wwyKbhPRqKalL1N6kMGKHX2C5l_f-AFeOFfg=s96-c
gsyya
7 months ago
Rebranding X

Rebranding X

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
9 months ago
Niaga Di Atas Air

Niaga Di Atas Air

1707117993.jpeg
Hafizh
9 months ago