M. Rifkyy 7 months ago
agen intel nyamarr #sains

Water Hemlock

The deceptive charm...

Pernahkah kalian mendengar tentang tumbuhan bernama water hemlock? Atau malah ada yang pernah melihatnya? Indah sekali, bukan? Tentu saja, orang akan mengatakan tanaman ini indah karena tampilannya yang memang cukup menawan. Tetapi jika kalian menganggap bahwa tanaman cantik ini serupa atau sama seperti tanaman lainnya, maka jelas kalian telah tertipu. Wahh kok bisa? Penasaran, kan? Mari kita bahas sejenak tentang salah satu tumbuhan indah nan mematikan ini. 

Hemlock water dropwort atau bisa juga disebut water hemlock adalah sejenis tanaman yang tumbuh di kawasan lembab seperti sungai, danau, dan rawa-rawa. Tanaman ini tergabung dalam famili Apiaceae. Tumbuhan ini bisa disebut juga sebagai seledri air karena batangnya yang tinggi dan berongga seperti seledri pada umumnya. Di bagian atas tanaman, terdapat bunga-bunga berwarna putih yang memiliki aroma harum. Bunga? Harum? Eits, tunggu dulu….

Lantas mengapa water hemlock bisa menjadi salah satu tumbuhan paling beracun? Ternyata ada kandungan racun oenanthotoxin pada akarnya dan diacetylenic epoxydiol pada bijinya. Semua racun itu bersifat neurotoksik yang artinya sasaran utamanya adalah sistem saraf pusat. Bisa kalian bayangkan apa yang akan terjadi bila sistem saraf kalian rusak karena racun yang satu ini. Hati-hati, kawan!

Dilansir dari National Geographic, hasil observasi dan penelitian menyatakan bahwa bagian paling beracun dari tanaman ini adalah akarnya. Orang yang memakan tumbuhan water hemlock ini akan mengalami kegagalan fungsi organ tubuh, kejang-kejang, dan mengalami kematian hanya dalam jangka waktu 24 jam saja. Hal Ini membuktikan betapa berbahaya dan mematikannya tanaman satu ini apabila dijadikan alat peracun. 

Dari sini kita tahu bahwa tidak semua tanaman diciptakan untuk dikonsumsi dan dimanfaatkan bagian-bagiannya. Terdapat juga tanaman yang memiliki kandungan racun seperti water hemlock ini. Kita sebagai manusia yang juga bisa disebut herbivora, minimal bisa membedakan mana tanaman yang sehat dan aman untuk dikonsumsi, mana tanaman yang hanya digunakan untuk keperluan khusus saja, dan juga tanaman yang justru memiliki efek negatif bahkan berbahaya untuk digunakan atau dikonsumsi. 


Daftar Pustaka

Utami Silmi Nurul, Serafica Gisha. 2021. “Hemlock Water Dropwort, Racun yang Meninggalkan Senyuman”. Kompas.com, 19 Juni 2021, dilihat 14 September 2023. 

<https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/19/120926669/hemlock-water-dropwort-racun-yang-meninggalkan-senyuman>


32
302
Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Tragedi  Chernobyl

Tragedi Chernobyl

1714434922.jpg
帅气的尼汉 Han
11 months ago
Dimulai dari Kecil

Dimulai dari Kecil

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Bernhaard Rieman, bukan hanya perhitungan

Bernhaard Rieman, bukan hanya perhitungan

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Semua ikan badut terlahir sebagai pria

Semua ikan badut terlahir sebagai pria

defaultuser.png
Adila
1 year ago