naaa 7 months ago
hmm.. #bahasa

Prokrastinasi

Yang suka nunda-nunda, yuk kumpul sini!

Kita semua disini mungkin sering sekali menunda - nunda , “ah, ini tugas gampang, nanti aja lah“, “ masih jam 7 nanti aja deh belajar nya”.

Nah itulah menunda - nunda. Oleh karena itu saya akan menjelaskan pengertian, ciri - ciri , dan mengatasinya.


Beberapa orang mungkin sering menunda - nunda, kita semua juga tahu bahwa menunda - nunda bukan kebiasaan yang baik, jadi saya menulis topik ini berdasarkan pengalaman saya, dan beberapa informasi dari google, supaya kita dapat menghindari, dan mengatasinya jika sering menunda waktu.


Pertama, apa itu menunda - nunda ?

Menunda - nunda adalah mengulur waktu atau memperlama. Menunda - nunda juga bisa disebut prokrastinasi. Kata prokrastinasi ini berasal dari kata pro yang berarti maju, lebih menyukai atau kedepan, sementara crastinus yang berarti besok.

Biasanya orang - orang ini disebut deadliners. Beberapa orang mungkin melakukan nya dengan alasan, contoh mereka mengerjakan prioritas diri mereka dahulu. Namun ada juga beberapa orang yang melakukan nya dengan sengaja seperti malas. Tipe yang kedua ini yang disebut prokrastinasi.

Dalam sebuah penelitian yang mengumpulkan beberapa mahasiswa untuk melacak pengaruh prokrastinasi, peneliti tersebut mengatakan bahwa menunda - nunda hanya untuk kesenangan. Setelahnya mahasiswa ini mendapatkan kerugian seperti mendapatkan nilai yang rendah. Oleh karena itu, jangan menunda - nunda pekerjaan ya teman teman.

Yang perlu kalian ketahui, ciri - ciri utama prokrastinasi adalah sering menunda-nunda misalnya memilih mengerjakan ketika waktunya sudah mau tiba. Biasanya, mereka yang memiliki sifat prokrastinasi ketika mengerjakan tugas selalu seadanya, karena waktu sudah tenggat sebelum hasilnya sempurna. Orang-orang ini juga sering merencanakan tetapi tidak pernah dilakukan dengan on time. Orang prokrastinasi akan kesulitan menyesuaikan waktu karena cenderung memilih hal yang lebih menyenangkan.

Setelah ciri - ciri, kalian pasti bertanya - tanya, bagaimana mengatasinya? Berdasarkan pengalaman saya. Cara mengatasi prokrastinasi adalah sebagai berikut :

  • Membuat rencana tertulis. Hal ini dilakukan agar kita tidak lupa dan agar pembagian waktu lebih efisien.
  • Pikirkan hal positif nya. Pikirkan manfaat apa yang akan terjadi jika kita tidak menunda pekerjaan.
  • Pikirkan hal buruknya jika kita menunda pekerjaan. Dengan kata lain, kita berpikir jangka panjang.
  • Kerjakan sedikit - sedikit tetapi sering dan konsisten. Kita boleh mengerjakan beberapa tetapi tetap menyelesaikan. Misalnya ada 10 soal, kita boleh mengerjakan 5 soal dahulu, esok harinya dikerjakan lagi.


Mungkin untuk mengatasinya tidak mudah. Saya juga masih berusaha untuk merubahnya, tetapi jika memiliki semangat, usaha, dan doa yang kuat, Insya Allah bisa.


Terimakasih. Semoga bermanfaat :D

13
202
SESUHUNAN AGUNG / SULTHAN AGUNG

SESUHUNAN AGUNG / SULTHAN AGUNG

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdlHrC4Gt7ulAy_8ioR7i2_YfiW19Yxf_jy36ZwStiwtw=s96-c
Arjunas
1 month ago
Caesar Cipher

Caesar Cipher

1691587270.jpg
Andreans
6 months ago
Segitiga yang Aneh

Segitiga yang Aneh

defaultuser.png
suheylakhansa l.l.
5 months ago
Anekdot: Takut Blue Light Tapi Kecerahan Penuh

Anekdot: Takut Blue Light Tapi Kecerahan Penuh

defaultuser.png
almatheaaa
6 months ago
Tragedi  Chernobyl

Tragedi Chernobyl

1704845170.png
帅气的尼汉 Han
11 months ago