ラファエル 6 months ago
ラファエル

Lindungi hutan kita


Kita harus melindungi hutan yang ada di negeri kita tercinta Indonesia. Pada tahun 2022 KLHK melaporkan luas kawasan Indonesia mencapai 125,76 hektare, angka tersebut setara dengan 62,97 luas daratan indonesia sebesar 191,36 hektare. Ditakutkan jika setiap tahun hutan ini mengalami pengurangan dikarenakan pembukaan lahan untuk daerah perkebunan. Karena hampir 80% furniture yang ada terbuat dari kayu. Bagaimana kedepannya bila seluruh kayu kayu itu habis? Suhu bumi akan semakin panas, hewan-hewan akan punah, terjadi longsor dan masih banyak hal yang lain.



Kita harus terus melindungi hutan, karena didalam hutan ada begitu banyak pohon yang akan membantu menghijaukan dunia ini. Hutan juga merupakan jantung dari dunia ini.  Sekalipun Indonesia menjadi negara nomor tiga penyumbang oksigen untuk dunia itu tetap sama saja. Semakin kita menyepelekan hal ini semakin buruk pula kondisinya. Kita yang terus menerus membabat hutan untuk membuka lahan sedangkan negara lain yang berlomba lomba menanam pohon untuk menghijaukan negeri mereka. Bukankah kita terlalu menyepelekannya? 


Kita saat ini memang masih membutuhkan pohon, namun marilah kita mulai membatasi penggunaanya. Manusia tidak tahu kapan akan kehabisan sumber daya itu. Kalau kita sudah kehabisan pohon untuk dunia ini, apa yang akan didapatkan oleh generasi-generasi di masa mendatang? Mungkin mereka tidak akan pernah bisa melihat alam yang indah seperti apa yang kita rasakan saat ini. Itu juga akan berdampak kepada diri kita sendiri. Jangan terlalu menyayangi egomu, ingatlah jikalau tanpa hutan dan pohon-pohon kita akan kesusahan untuk hidup. Karena mereka pulalah yang mengubah karbon dioksida yang tidak bisa kita hirup menjadi oksigen yang bisa kita hirup. 


Selama ini mereka telah hidup untuk kita, membantu kita hidup. Lantas mengapa? Kini kita malah menghancurkan mereka. Mengapa? Kita malah membinasakan sesuatu yang telah membantu kita hidup hingga saat ini. Manusia itu hanyalah makhluk serakah yang menginginkan segalanya. Untuk sekali saja, kita tidak merusak alam ini, bisakah kita? Walau hanya sekali, marilah kita mencoba untuk menghancurkan ego kita.


Karena dengan hal itu negeri kita akan memiliki potensi untuk bertahan. Sebenarnya hal ini bukan hanya untuk generasi mendatang namun juga untuk potensi negara kita. Bersaing dengan negeri lain. Potensi alam kita sangat besar, maka dari itu kita harus terus menjaga hutan kita. 



Essay ini merupakan opini saya pribadi, beberapa informasi saya dapatkan dari internet karena saya takut salah menyimpulkan. Terimakasih, apabila ini tidak sesuai dengan opini anda mohon dimaklumi.

17
135

Teknologi

sebenarnya apa itu teknologi sih?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGSC-4tJu0GSVhJhWaL17Y4Nj_9JS0uMP28p9QmlBg=s96-c
ALE-ALE
6 months ago
Manfaat Puasa

Manfaat Puasa

1706491159.jpeg
sunshine
9 months ago
Api di Dalam Laut

Api di Dalam Laut

1692749144.jpg
ᴍ. ʀᴀғʟɪ
8 months ago
Cahaya Kutub yang Indah

Cahaya Kutub yang Indah

1712062096.jpg
ラファエル
8 months ago
Apa yang terjadi jika astronot meninggal di luar angkasa?

Apa yang terjadi jika astronot meninggal di luar angkasa?

1708678186.jpeg
Salisa Najwa
6 months ago