ʜᴀᴍʙᴀᴍᴜ ʀᴏᴅᴏ ᴘɪᴇ #sains

Lubang Cacing (Wormhole)

Wormhole is ...

i. Asal Mula Lubang Cacing atau Wormhole

Lubang cacing atau wormhole sudah tak asing lagi bagi kebanyakan orang. Objek misterius di angkasa ini dikatakan dapat menjadi sebuah terowongan penghubung dua tempat yang berjauhan.

Albert Einstein dan Nathan Rosen mengemukakan bahwa ada sebuah objek di angkasa yang dapat menghubungkan dua titik dalam dimensi ruang dan waktu. Istilah lubang cacing pertama digunakan oleh Jhon Archibald Wheeler tahun 1957. Namun, pada tahun 1921 matematikawan Jerman Hermann Weyl telah mengusulkan teori Lubang Cacing.

ii. Lubang Cacing adalah Benda Yang Kecil dan Tidak Stabil

Setelah penelitian yang lama, akhirnya para ilmuwan meyakini bahwa lubang cacing memang ada tetapi mustahil bagi kita untuk melewatinya. Ini dikarenakan benda tersebut berukuran kecil dan tidak stabil. Jika ada sebuah astronaut yang mencoba untuk memasukinya, gravitasi pada lubang cacing akan rusak dan lubang tersebut akan runtuh karena energi positif yang ada pada astronaut.

iii. Diperlukannya Energi Negatif 

Karena adanya teori Kuantum, kita bisa membuat lubang cacing tetap stabil, dengan cara menggunakan energi antigravitasi atau energi negatif. Jika kita dapat membawa energi negatif ke dalam lubang cacing, itu akan menahan runtuhnya lubang cacing dan agar tetap terbuka.

Energi yang digunakan harus dalam jumlah yang sangat besar. Karena diperlukan energi sebesar matahari untuk menciptakan lubang cacing seukuran bola, dalam waktu lebih dari 100 juta tahun. Namun, energi negatif yang ada di bumi ini sangat sedikit untuk melalui lubang cacing.

iv. Perjalanan Waktu

Walaupun lubang cacing bisa menembus ruang dan waktu, tetapi perjalanan tersebut akan menjadi lebih lama dari pada perjalanan langsung. Daniel Jafferis, dari Harvard University, yang menulis bekerja sama dengan Ping Gao, juga dari Harvard dan Aron Wall dari Standford University pernah mempresentasikan kemungkinan tersebut dalam pertemuan American Physical Society. Menurut mereka, meski bisa dilakukan, tapi perjalanan melintasi lubang cacing adalah pekerjaan yang sia-sia.

v. Kesimpulan

Lubang Cacing adalah benda luar angkasa yang belum diketahui kenyataannya. Pada ukuran lubang cacing sendiri kecil dan tidak stabil jadi untuk memasukinya sangatlah sulit.

27
323
Apa itu Galaksi dan Bagaimana Saja Bentuknya?

Apa itu Galaksi dan Bagaimana Saja Bentuknya?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGSC-4tJu0GSVhJhWaL17Y4Nj_9JS0uMP28p9QmlBg=s96-c
ALE-ALE
1 year ago
Aceh 2004: Apa Hikmah yang Bisa Dipetik?

Aceh 2004: Apa Hikmah yang Bisa Dipetik?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp5cJpdCIp1sCfDRB_QA1EnReZg4M2sOkUWZjVha=s96-c
M. Rifkyy
1 year ago
Makan dan Minum

Makan dan Minum

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
Fifahaulia
1 year ago

Amnesia

Hilang ingatan?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp4CsUSGKGvzdBDDW_sr96cQJQGaiSX1xc_rAIDu=s96-c
Mqnun Amn
1 year ago
Harga Beras Melambung Tinggi, Ternyata Ada Penggantinya yang Lebih Bergizi

Harga Beras Melambung Tinggi, Ternyata Ada Penggantinya yang Lebih Ber...

1706535160.jpg
frey✩
1 month ago