sunshine 6 months ago
imda-rahayu #sains

Manfaat Puasa

Sejumlah penelitian mengungkap manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh yang dibuktikan secara sains.

Seperti yang kita tahu, Puasa adalah salah satu ibadah yang disebutkan didalam rukun islam. Umat muslim biasanya melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, tetapi terkadang kita juga melaksanakan puasa (sunnah) dibulan-bulan tertentu. Seperti pada bulan rajab, dzulhijah, dan muharram.

Puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari lapar, dahaga dan segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai tenggelam matahari. Lantas apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh? Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya Ira Purnamasari menjelaskan beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan berpuasa.

Pertama, mencegah risiko diabetes. Dengan berpuasa, tubuh dengan sendirinya akan mengatasi resistensi insulin, yaitu kondisi menurunnya kemampuan insulin dalam merangsang penggunaan glukosa dalam tubuh. Kinerja insulin (hormon yang mengatur kadar gula dalam darah) akan bekerja maksimal, sehingga dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Kedua, mencegah obesitas. Salah satu manfaat Berpuasa adalah dapat mengurangi berat badan yang berlebih pada tubuh. Saat berpuasa, tubuh mengalami peningkatan proses metabolisme. Saat metabolisme meningkat, maka pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh juga ikut meningkat. Sehingga proses penurunan berat badan akan lebih efektif saat berpuasa.

Ketiga, menjaga kesehatan jantung. Seseorang yang berpuasa selama satu bulan penuh diketahui memiliki risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa. Pasalnya, puasa membuat seseorang bisa mengatur pola makannya menjadi lebih sehat dan terkontrol.

Keempat, menjaga kesehatan mental. Menurut beberapa para psikiater di Indonesia, Puasa dapat membantu: 1. mengurangi stres: puasa juga dapat menstabilkan hormon kortisol (hormon yang berhubungan dengan stres) yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Sederhananya, hal ini dapat menurunkan tingkat stres dalam pikiran. 2. meningkatkan suasana hati: dengan berpuasa kita dapat merasakan penurunan ketegangan, kemarahan, dan kebingungan. Sehingga membuat suasana hati menjadi lebih baik 3. meningkatkan memori 4. menjauhkan diri dari kebiasaan negatif: Puasa di bulan Ramadan bertujuan untuk beribadah dan meningkatkan akhlak serta kebiasaan yang baik. Ibadah ini bukan cuma menahan diri dari rasa lapar dan haus saja. Puasa di bulan Ramadan juga dapat membantu untuk menjauhkan diri dari keburukan dan kebiasaan negatif. Contohnya seperti marah, berdebat, berkelahi, atau bernafsu.

Kelima, meningkatkan hormon pertumbuhan manusia. Puasa bisa merangsang peningkatan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Ini karena HGH sangat efektif dalam mengatur metabolisme, membangun massa otot, membakar lemak, meningkatkan kekuatan otot, dan menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot.

Itu adalah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh manusia yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang. Ada banyak manfaat-manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan menjalankan ibadah puasa, seperti meningkatkan spiritualitas dan kualitas hidup manusia secara keseluruhan. Sebelum lanjut berpuasa, pastikan kita juga mengacu pada saran dokter agar dapat menjalaninya secara aman sesuai dengan kondisi kesehatan diri kita.

13
113
Api di Dalam Laut

Api di Dalam Laut

1692749144.jpg
ᴍ. ʀᴀғʟɪ
6 months ago

Kisah Nuaiman Sahabat Nabi yang Jenaka dan Lucu

Kisah kelucuan nya yang menguji kesabaran

1706621125.jpeg
naaa
2 months ago
Mana Yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur?

Mana Yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur?

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtccdUM9I1-rkPTL8AR3pLCQzdAzmJMSUda3vSrweOz4=s96-c
salmaara
6 months ago
Bukan Pita Biasa

Bukan Pita Biasa

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
LIasTiny
6 months ago
Puisi untuk Ibu

Puisi untuk Ibu

defaultuser.png
suheylakhansa l.l.
6 months ago