Disa Maharani 9 months ago

Ziryab ‘Si Burung Hitam’

Tokoh Muslim Serba Bisa dari Merevolusi Mode hingga Musik

Peradaban Islam di Andalusia memiliki peninggalan yang luar biasa pengaruhnya. Tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan dan pemerintahan, tapi juga seni dan gaya hidup. Tahukah kamu tentang sosok seniman multitalenta bernama Ziryab (789-857 M) yang sangat berpengaruh pada perkembangan musik Eropa? Gaya hidupnya pun ditiru oleh masyarakat, sehingga ia begitu populer layaknya artis multitalenta.


Ziryab menjadi salah satu tokoh muslim yang cukup berpengaruh pada abad pertengahan dengan membawa perubahan pada gaya hidup, model, gaya rambut, furniture, hingga peralatan makan. Ziryab yang bernama asli Abul-Hasan Alí Ibn Nafí sendiri adalah Kepala Penghibur Istana Cordoba di tahun 822. Lahir di Irak pada tahun 789, ia dijuluki Ziryab karena suaranya yang merdu dan kulitnya yang gelap yang membuatnya dijuluki sebagai ‘Blackbird’, burung dengan bulu hitam yang punya kicauan merdu.


Dia adalah murid berbakat dari Ishaq al-Mawsili, seorang musisi terkenal di Baghdad dan menjadi favorit Khalifah Abbasiyah Harun Al-Rashid. Bakat dan keunggulan Ziryab dalam musik perlahan-lahan mengambil alih posisi gurunya, yang membuatnya dekat dengan Khalifah dan istananya. Al-Hakam, Khalifah Umayyah dan ayah dari Abd-Al-Rahman II pun mengundangnya ke Andalusia. Ziryab kemudian menetap di Cordoba pada tahun 822, di istana Khalifah Abd-Al-Rahman II saat itu. Kedatangannya bertepatan dengan keinginan kehidupan budaya baru yang didorong oleh Abd-Al-Rahman II. Di Cordoba, Ziryab mendapatkan kesejahteraannya, pengakuan atas seni dan ketenaran yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ia lalu menjadi penghibur istana dengan gaji bulanan 200 Dinar emas di samping menerima banyak hak istimewa. Promosi ini tentunya memberi kesempatan besar untuk melepaskan bakat dan kreasinya tanpa batasan.


Merevolusi musik di Spanyol dan Eropa


Dia tidak hanya merevolusi musik, tetapi juga membuat peningkatan pada gaya hidup dan mode. Di bidang musik, dia merupakan orang pertama yang memperkenalkan instrumen kecapi ke Spanyol dan Eropa. Dengan Al-Kindi, terdapat tambahan senar bass kelima dan menggantikan plektrum kayu untuk bulu ayam. Di Spanyol, serta Afrika Utara, ia mengganti sistem nyanyian Madinah dengan Irak.

Dia kemudian mendirikan konservatori pertama di dunia, yang mencakup ajaran harmoni dan komposisi dan akan berkembang lebih jauh di abad-abad berikutnya. Ia juga menata ulang teori musik sepenuhnya, membebaskan parameter metrik dan ritme serta menciptakan cara-cara ekspresi baru (suite muwashah, zajal, dan naubah). Ziryab juga diketahui menyusun repertoar dengan 24 Nabaat (suite vokal dan instrumental). Setiap Nuba adalah gabungan dari vokal dan instrumen yang diatur dalam sembilan gerakan dan setiap gerakan memiliki ritme sendiri. Menariknya, Ziryab memiliki pengetahuan musik yang luas dengan mengenal lebih dari seribu lagu, yang beberapa diantaranya, menurut Al-Maqari, adalah milik Ptolemeus.


Turut pengaruhi kebiasaan sosial hingga mode warga Cordoba


Dia mengubah kebiasaan sosial seperti yang terlihat pada pakaian dan gaya rambut, di dapur dan cara orang makan, bersosialisasi dan bersantai, dan dalam furniture dan peralatan yang dia ciptakan untuk mengikuti transformasi dalam kehidupan ini. Dia mengganti gelas emas dengan gelas lain yang terbuat dari kaca dan kristal. Ia juga menyebarkan penggunaan taplak meja dan pemakaian gaun putih di musim panas. Mengenalkan resep kuliner baru, peralatan makan baru, mode busana baru, dan bahkan permainan catur dan polo pun tidak luput dari gerakannya. Prestasi Ziryab membuatnya dihormati oleh generasi berikutnya, bahkan hingga hari ini.


Di dunia Muslim, tidak ada satu negara pun yang tidak memiliki jalan, hotel, klub, atau kafe yang dinamai menurut namanya. Di Barat, para cendekiawan dan musisi masih memberikan penghormatan kepadanya hingga hari ini. Ziryab pun diidentikkan dengan tema keanggunan dengan seleranya yang halus dan mewah, dia mendefinisikan istana para Khalifah. Aksesori toilet (parfum, kosmetik, pasta gigi) dan mode baru yang ia bawa dari Timur pun meninggalkan pengaruh besar bagi warga Cordoba. Bahkan, saat itu kebanyakan Cordobana meniru gaya rambutnya. Seniman hebat ini juga seorang gastronom yang memperkenalkan sejumlah resep eksotis yang tidak diketahui.


Ziryab pun meluncurkan sejumlah mode, yang kemudian bertahan selama berabad-abad. Di bidang mode, dia membawa gelas kristal dan furniture kulit ke Spanyol, serta memperkenalkan gaun musim dingin dan musim panas, yang menetapkan tanggal persis setiap busana dikenakan. Selain itu, ia juga menambahkan gaun setengah musim untuk antar musim. Melalui Ziryab, gaun mewah Timur diperkenalkan di Spanyol. Di bawah pengaruhnya, sebuah pabrik fesyen didirikan dengan memproduksi kain bergaris berwarna dan mantel dari kain transparan, yang masih ditemukan di Maroko hingga saat ini.


 Ziryab yang wafat di Cordoba, Spanyol pada tahun 857 pun dikenang sebagai salah satu tokoh bersejarah di kota tersebut. Bisa dibilang, kedatangannya ke Cordoba menjadi satu momen cultural reset di Spanyol, bahkan dunia. 



26
214
Jimat Terampuh, Ampuhnya Jimat Kalimosodo

Jimat Terampuh, Ampuhnya Jimat Kalimosodo

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Berita HOAX!

Berita HOAX!

1715132921.jpeg
Nasya
2 months ago
Cinta Tanah Air

Cinta Tanah Air

1691587270.jpg
Andreans
1 week ago

Hati-hati Berita Hoaks

Literasi digital dalam kebinekaan bangsa

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp4CsUSGKGvzdBDDW_sr96cQJQGaiSX1xc_rAIDu=s96-c
Mqnun Amn
1 month ago
Rindu Kau Rangkai

Rindu Kau Rangkai

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxY_-GwmwmulI3_C36t7KFnOYdKYOkWt-qZQnObB=s96-c
Nagita Puspa
5 months ago