Chel 9 months ago
Lois Miracle #sains

Mengapa Pluto Tidak Disebut Lagi Sebagai Planet?

Why???

Pluto ditemukan oleh astronom Amerika yang bernama Clyde Tombaugh pada tahun 1930 dan dia menetapkan planet Pluto sebagai planet kesembilan di tata surya. Pluto membutuhkan waktu 248 tahun bumi untuk berevolusi mengitari Matahari. Sehingga saat Pluto ditemukan pada tahun 1930 Pluto masih membutuhkan waktu 150 tahun bumi untuk menyelesaikan satu perjalanan mengitari Matahari.

Lokasi Pluto diketahui sangat jauh dari Matahari. Hal ini menyebabkan cahaya matahari membutuhkan waktu selama kurang lebih 5,5 jam untuk mencapai Pluto. Waktu tersebut merupakan waktu yang sangat panjang mengingat cahaya matahari hanya membutuhkan waktu delapan menit untuk mencapai Bumi.

Pada tahun 2006, Pluto kehilangan predikat planet terkecil dalam tata surya, kini Pluto tidak memenuhi kriteria tersebut. Pluto kehilangan kriteria tersebut bukan karena ukuran dari planet ini berubah ataupun muncul planet lain yang lebih kecil. Melainkan karena sebutan planet sudah tidak lagi disematkan bagi Pluto. Hal itu bisa terjadi akibat perubahan pada definisi dari sebuah planet.

Aturan baru terkait sebuah planet diadopsi dari International Astronomical Union (IAU). Berikut syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi sebuah planet: Sebuah planet pasti bulat Sebuah planet harus mengorbit pada matahari Sebuah planet harus membersihkan lingkungan dari orbitnya.

Pluto masih memenuhi syarat pertama dan kedua, yaitu berbentuk bulat dan juga mengorbit pada matahari. Namun, Pluto tidak memenuhi syarat ketiga dari sebuah planet.Pluto tidak mampu membersihkan lingkungan orbitnya dalam ruang hampa. Oleh karena itu, Pluto akhirnya kehilangan predikatnya sebagai planet terkecil dalam tata surya.

Namun, Pluto masih memiliki julukan lain yaitu sebagai “planet kerdil”. Julukan ini diberikan kepada Pluto karena sudah memenuhi dua unsur menjadi planet, tapi masih belum sempurna untuk menjadi sebuah planet.

Para ilmuwan pun menemukan, terdapat lima planet kerdil yang sudah ditemukan, termasuk Pluto. Para ilmuwan tentunya mengharapkan akan lebih banyak lagi planet kerdil yang akan ditemukan di kemudian hari. Adapun planet kerdil yang dimaksud berada di luar Neptunus, yakni Pluto, Makemake,Haumea, dan Eris. Kemudian planet kerdil kelima yaitu Ceres yang keberadaannya diketahui di sebuah asteroid sabuk yang terletak di antara Jupiter dan Mars

19
192
Makhluk Abadi?

Makhluk Abadi?

1712062096.jpg
ラファエル
6 months ago
Caesar cipher as a secret message

Caesar cipher as a secret message

1714290832.png
Azhnrkhlf
6 months ago
Sapi Laut

Sapi Laut

1710468171.jpeg
Chel
6 months ago
Sejarah Kerajaan Mataram Islam

Sejarah Kerajaan Mataram Islam

1706535478.jpg
~fi
3 months ago
Para Raja Mataram Kuno Pembangun Candi Megah

Para Raja Mataram Kuno Pembangun Candi Megah

defaultuser.png
almatheaaa
3 months ago