Fitri Isnaeni 5 months ago
fitriisnaeni01 #bahasa

Resensi: Mengulas Kehidupan Kerajaan dari Cerpen Simon and a Giant Karya Abel Naufan El Ghifari

Judul Cerpen : Simon and a Giant

Penulis : Abel Naufan El Ghifary

Tahun Penulisan : 2023

Jumlah Halaman : 4 Halaman

Jumlah Kata : 1362 kata

Tautan Cerpen : GIGA MIBS - Simon and Giant (mega.sch.id)


Cerpen Simon and a Giant menceritakan kehidupan kerajaan yang mana mengisahkan Simon sebagai Raja yang sangat baik kepada rakyat-rakyatnya. Sebenarnya, kehidupan Raja Simon ini tidak berlangsung lama, karena beberapa tahun setelah Raja Simon meninggal, kerajaan digantikan dengan pemimpin baru yaitu anaknya yang bergelar Raja Simon II. Pemerintahan Raja Simon II sangat berbeda dengan ayahnya, Raja Simon I. Pada pemerintahan Raja Simon I, rakyat hidup dengan makmur tanpa gangguan apa pun. Namun, pada pemerintahan Raja Simon II, rakyat hidup dengan sengsara dan merasa banyak gangguan karena Raja Simon II yang suka bertindak sesuka hatinya. Sehingga, rakyatpun tidak menyukai Raja Simon II, hingga pada akhirnya rakyat tidak ingin lagi diperintah oleh Raja Simon II dan berharap Raja Simon I hidup dan memerintah kembali.

Cerpen ini tidak hanya berisi kehidupan kerajaan semata, namun juga berisi mengenai pentingnya bagi kita untuk menjaga lingkungan. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari cerpen ini sehingga itu menjadi satu kelebihan sendiri. Manfaat yang bisa diambil dari cerpen ini begitu banyak, contohnya seperti amanat mengenai; persahabatan, pentingnya berbuat baik, dan masih banyak lagi. 

Dari semua kelebihan yang telah disebutkan di atas, cerpen ini juga memiliki kelemahan. Cerpen karya Abel Naufan El Ghifary ini mengusung latar zaman kerajaan, jadi jika ada orang yang belum mengerti banyak tentang sejarah, akan sedikit sulit untuk memahami alur cerita yang ada pada cerpen. Namun, bagi pecinta sejarah dan ingin mengetahui dan memahami lagi mengenai zaman kerajaan dalam sudut pandang yang berbeda, cerpen ini sangat direkomendasikan untuk dibaca. 

Secara keseluruhan, cerpen ini sangat menarik untuk dibaca oleh berbagai kalangan. Alur cerita yang disajikan begitu mudah dipahami, namun latar yang disajikan adalah zaman kerajaan, sehingga orang yang belum terlalu mengerti mengenai zaman kerajaan, akan sedikit sulit memahami alur yang ada pada cerpen. Manfaat yang bisa diambil dari cerpen ini begitu banyak, mulai dari adanya pesan moral tentang persahabatan, pentingnya berbuat baik, sopan santun, dan masih banyak lagi. Pada judul cerpen terdapat nama Giant, yang tidak disebutkan dalam sinopsis, karena itu akan menjadi keseruan tersendiri bagi yang membacanya, jadi jangan berlama-lama, langsung saja baca ceritanya!


Ditulis oleh: Shulhan Tasdiqi

8
117
Raja ketiga kerajaan Mandura

Raja ketiga kerajaan Mandura

1714290832.png
Azhnrkhlf
3 months ago
DIAM DIAM SUKA

DIAM DIAM SUKA

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdlHrC4Gt7ulAy_8ioR7i2_YfiW19Yxf_jy36ZwStiwtw=s96-c
Arjunas
9 months ago
Puisi Ujian & janji

Puisi Ujian & janji

defaultuser.png
suheylakhansa l.l.
6 months ago
Sejarah Peradaban Islam

Sejarah Peradaban Islam

1706572334.jpg
Indira Vania Zalfaruna
9 months ago
Ketika Seseorang Terlahir tanpa Sidik Jari

Ketika Seseorang Terlahir tanpa Sidik Jari

defaultuser.png
Kinar Kania Kautsarani
7 months ago