Fifahaulia 1 month ago
Afifah Aulia Samsudin #sains

Pesut Mahakam

Lho?! Ada lumba-lumba lokal?

Bernama latin Orcella Brevirostris, hewan ini merupakan mamalia akuatik sejenis lumba-lumba yang hidup di perairan air tawar.

Sesuai namanya, pesut mahakam berada di Sungai Mahakam, Provinsi Kalimantan Timur. Namun, hanya berfokus di tengah sungai. IUCN atau International Union for Conservation of Nature memasukkan pesut mahakam ke dalam daftar hewan yang sangat terancam punah/ critically endangered dengan populasi sekitar 60-80 ekor saja. Namun, beberapa sumber menyatakan bahwa habitat pesut mahakam tidak hanya di Sungai Mahakam, melainkan juga di Danau Jempang, Danau Semayang, dan Danau Melintang.

Adapun kerabat dekat pesut mahakam adalah pesut australia (Orcaella Heinsohni), yang hanya memiliki perbedaan warna. Jika pesut mahakam memiliki dua warna, pesut australia hanya memiliki satu warna.

Tubuh pesut mahakam polos tanpa motif di sekitarnya dan sirip punggung yang kecil membundar di pertengahan belakang punggung. Panjangnya 1,5 --2,8 m dengan berat 114--133 kg.

Akan tetapi pesut mahakam memiliki kelebihan umur yang panjang yakni, 28--30 tahun usia hidupnya. Sama halnya dengan lumba-lumba lainnya, pesut mahakam tinggal berkelompok dan setiap kelompok berisi 3-6 pesut.

Kabar buruknya, penurunan pesut mahakam terjadi karena adanya aktivitas manusia yang mengurangi dan mencemari perairan sebagai habitat pesut. Selain itu, kelestarian pesut mahakam terganggu oleh jaring nelayan yang mana pesut cenderung memangsa ikan di balik jeratan jaring nelayan. Namun, di balik status yang terancam punah, ternyata pesut mahakam berguna bagi para nelayan untuk mencari waktu dan keberadaan ikan. Jika suatu tempat terdapat p, maka menandakan kedalaman air yang pas.

Referensi

Portal Informasi Indonesia. Mengenal Lumba-lumba di Sungai Mahakam. Diakses pada 12 Agustus 2024. https://indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/7210/mengenal-lumba-lumba-di-sungai-mahakam?lang=1

Mutofik, Imam. Pesut Mahakam, Lumba-Lumba Asli Indonesia. 2022. Diakses pada 12 Agustus 2024. https://forestation.fkt.ugm.ac.id/2022/09/11/pesut-mahakam-lumba-lumba-asli-indonesia/

Yayasan Konservasi RASI. Pengenalan Satwa Langka. Diakses pada 12 Agustus 2024.

https://www.ykrasi.org/wp-content/uploads/2021/04/Pesut-Mahakam-fact-sheet-Indo.pdf

Aisyah Rahmalia, Shafa. Mengulik Faktor Terancamnya Sang Hewan Legenda: Pesut Mahakam. 2020. Diakses pada 12 Agustus 2024.https://fpk.unair.ac.id/mengulik-faktor-terancamnya-sang-hewan-legenda-pesut-mahakam/

Penyandang Simbol Kesetiaan

Penyandang Simbol Kesetiaan

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
7 months ago
'Harta Karun' Indonesia

'Harta Karun' Indonesia

1694832338.png
M. Robibb
4 months ago
Ring Of Fire (Cincin Api)

Ring Of Fire (Cincin Api)

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxaiiBgLESm-Wu6LQjlcqZrPUiXq5rRQxXXfhnuz=s96-c
Garit Ahsanut Taqwim
4 months ago
Kenali Singkong Sebagai Umbi Pengganti Nasi

Kenali Singkong Sebagai Umbi Pengganti Nasi

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 year ago

Resensi Batu Pemberat

tugas Bahasa Indonesia

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxYKZ-s4XsIaC9Al3R5ep1uEBVAvHMkuM9MhZQxr=s96-c
Afra Septi Kania
9 months ago