Fifahaulia 1 month ago
Afifah Aulia Samsudin #bahasa

Resensi Buku "Pesan-Pesan Cinta Rabiah Al-Adawiyah"

Mabuk Rindu Perempuan Sufi Kepada Sang Pencinta Sejati

Biodata

Judul: Pesan-Pesan Cinta Rabi’ah Al-Adawiyah

Penulis: Ahmad Abi

Halaman: 232 Halaman

Penerbit: Penerbit Araska

Cetakan: Cetakan I, Februari 2020

Pendahuluan

“Tuhanku tenggelamkanlah aku dalam lautan cintamu,” adalah salah satu syair populer dari seorang perempuan sufi yang telah dimabuk rindu kepada sang Pencinta Sejati, namanya adalah Rabi'ah, atau dikenal dengan Rabi'ah Al-Adawiyah.

Isi

Pada tahun 717 M, di kota Basrah, Irak telah lahir seorang anak perempuan yang kelak menjadi wanita mulia bernama Rabi’ah Al-Adawiyah. Rabi’ah dibesarkan oleh keluarga yang penuh kezuhudan. Sejak kecil Rabi'ah sudah menampakkan ketaatannya terhadap sang kuasa, Allah swt. Namun, karena keterbatasan ekonomi dan sudah ditinggal ayah dan ibunya, makan Rabi'ah dan saudara perempuan lainnya harus bekerja keluar rumah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.


Dijelaskan dalam buku Pesan-pesan cinta Rabi’ah Al-Adawiyah bahwa ia pernah menjadi budak. Sempat suatu hari ia pulang dari pasar membawa belanjaan majikannya lalu merasa diikuti orang jahat hingga berlari kencang tanpa melihat arah dan jatuh, hingga membuat salah satu tangannya patah. Namun, walaupun dilanda kesibukan yang amat sangat, ia tetap menyempatkan diri di waktu majikannya tertidur untuk berdoa kepada Allah memohon dan meminta maaf atas segala hal yang sudah ia lakukan. Hingga suatu hari sang majikan terbangun karena mengira suara dengkuran pulas Rabi’ah. Namun, ternyata itu adalah doa yang keluar dari mulutnya. 


Setelah itu sang majikan sadar bahwa ia terlalu kasar dan memberikan kebebasan kepada Rabi’ah.

Kelebihan

Buku ini di buat seringkas mungkin untuk memahami perjalanan panjang sang Wanita Sufi, sehingga pembaca tidak jenuh. Buku ini juga dilengkapi dengan syair-syair cinta yang ditulis oleh Rabi’ah.

Kekurangan

Buku ini juga memiliki kelemahan yaitu kisah Rabi’ah hanya berupa potongan hidup yang tidak sesuai urutan waktu/kronologis.

Kesimpulan

Buku tentang Rabi’ah Al-Adawiyah yang di tulis oleh Ahmad Abi ini membahas tentang perjalanan Rabi’ah dari kecil, kehidupan menjadi budak, menjadi penyanyi hingga menjadi penyair terkenal di daerahnya. Buku ini juga dilengkapi dengan sampul dan judul yang menarik sehingga meningkatkan keingintahuan pembaca. Saya merekomendasikan buku ini bagi teman-teman yang suka dengan cerita sejarah, namun dikemas dengan ringkas.

15
71
The Role of Diffusion in Everyday Life: From Breathing to Cooking

The Role of Diffusion in Everyday Life: From Breathing to Cooking

1721568540.jpg
disaa
6 days ago
Manfaat Puasa

Manfaat Puasa

1724158013.jpeg
sunshine
1 year ago
Dragon Blood Tree

Dragon Blood Tree

1692697303.png
اكر رللن ورضن
1 year ago
Sang Titisan Dewa Bayu

Sang Titisan Dewa Bayu

defaultuser.png
Adila
7 months ago
Artificial Intelligence : Apakah bisa menggantikan manusia?

Artificial Intelligence : Apakah bisa menggantikan manusia?

1680166578.jpg
printoutln("Kaka")
1 year ago