Chel 1 month ago
Lois Miracle #sains

Teknologi Internet di Masa Sekarang

Teknologi adalah ilmu yang dikembangkan manusia untuk menciptakan tata cara tertentu, lebih mutakhir dan praktis atau memudahkan kehidupan. Contoh teknologi hadir dalam bentuk berbagai mesin, alat komunikasi, dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang, contohnya Internet. Internet sangat dibutuhkan di era masa kini. Kita bisa menggunakan internet sebagai sarana informasi seperti berita, ilmu pengetahuan dan kita bisa mengakses di mana saja dan kapanpun selama kita mempunyai internet. Tapi, kita juga harus menggunakannya secara bijak. Dan akan banyak berita hoax yang menyebar.


Menurut pendapat Miss Jihan dan Bapak Lis, Internet di zaman sekarang sangatlah penting karena sekarang apa pun itu kita harus bisa dan mau belajar tentang internet yang semakin maju. Tetapi ada dampak negatif juga terhadap internet karena kita dapat mengalami ketergantungan terhadap internet. Secara psikologis kita merasa bergantung dengan adanya internet, dengan itu maka kita bisa menjadi orang yang kurang bersosialisasi karena sibuk dengan dunianya sendiri atau lupa waktu dan juga bisa menurunkan minat belajar kita.


Tentunya akan banyak berita hoax atau berita yang tidak benar dengan mudah cepat menyebar. Berita hoax adalah berita belum tentu kebenarannya dan belum dipastikan valid tapi sudah tersebar tanpa ada validasi dan data yang sebenarnya. Berita cepat menyebar karena adanya kecenderungan orang yang menyukai berita hoaks dan mudah percaya dengan berita itu karena tidak berhati-hati.


Kecenderungan orang yang memproduksi berita hoax tidak semuanya menyebarkan berita atau informasi bohong yang berkaitan dengan gangguan mental. Karena semua orang pasti menyebarkan informasi pribadinya di media sosial dengan apa pun itu, contohnya menyebarkan tentang kesehariannya di media sosialnya seperti melalui di Instagram, WhatsApp, Tiktok, dll. Teknologi di zaman sekarang sangatlah berbahaya, apalagi di era Generasi Z ini, di berbagai media sosial sekarang banyak kasus terjadinya bullying baik itu di sekolah, pesantren, atau tempat tongkrongan. Maka dari itu kita yang mempunyai media sosial harus sangat berhati-hati dalam memilih dan memilah agar tidak mengganggu mental kita. Terutama peran orang tua yang sangat penting untuk mengawasi anak-anaknya yang bermain gawai dan media sosial agar masih terpantau dari pengawasan orang tua.


Internet sangat penting bagi kita apalagi di era sekarang ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan di internet. Tapi kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan internet. Ada dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya kita bisa mendapatkan informasi, pengetahuan, dan masih banyak lagi. Dampak negatifnya kita bisa bergantung pada kurangnya internet, kekurangan bersosialisasi, dan lupa waktu. Jadi, kita harus menggunakannya dengan bijak dan hal-hal yang positif.


Narasumber: Miss Jihan Nabilah, S.Pd. & Bapak Lis

Listrik di Dalam Tubuh Manusia?

Listrik di Dalam Tubuh Manusia?

1714290832.png
Azhnrkhlf
7 months ago
Cara kerja PLTN

Cara kerja PLTN

1704845170.png
帅气的尼汉 Han
6 months ago
Jalan Bukti

Jalan Bukti

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp5cJpdCIp1sCfDRB_QA1EnReZg4M2sOkUWZjVha=s96-c
M. Rifkyy
5 months ago
Singa Yang Tidak Tahu Diri (serial JANGAN)

Singa Yang Tidak Tahu Diri (serial JANGAN)

1708867858.png
ℤ𝕦𝕓𝕒𝕪𝕪𝕣~
2 months ago