Fifahaulia 1 month ago
Afifah Aulia Samsudin #sains

Anechoic Chamber

Membongkar Rahasia Ruangan Tanpa Gema.

Ruangan yang mampu menyerap 99.9% suara yang berarti tidak menghasilkan gema, ini terletak pada laboratorium Orfields yang berada di Minneapolis, Amerika Serikat. Ruangan ini didesain untuk menyerap gelombang suara dan gelombang elektromagnetik. Ruangan ini tampak seperti ruangan pada umumnya, namun dilapisi dengan material yang di sebut wadges pada ruangan dengan daya serap yang tinggi, yang dibentuk seperti kumpulan piramida dengan puncak mengarah ke dalam ruangan.

Ruangan anechoic memiliki lantai berupa jaring yang terbuat dari kabel baja, dengan bagian bawah berupa RAM yang sama dengan dindingnya, inilah yang menciptakan insulasi suara pada ruangan anechoic. Menariknya lagi, ruangan kubus berukuran 6,36 m ini yang dibuat dengan busa kedap suara ternyata tidak terhubung langsung dengan bangunan lainya yang ada di sekitarnya. Tidak berhenti di sana. Ruangan ini memiliki 6 lapisan beton dan baja yang dipasang di lantai, dinding, langit-langit ruangan dan dinding bagian dalam yang membantu agar suara tidak memantul ke dalam. Adapun bahan yang paling umum digunakan oleh Anechoic Chamber ini adalah bahan ferit sinter, paduan magnetik lunak, dan besi karbonil yang dicampur dengan resin.

Gelombang suara yang memantul ke arah dalam, akan masuk ke sela-sela piramida yang kelamaan akan menghilang karena terdisipasi oleh udara. Model-model dinding inilah yang membuar suara tidak kembali ke sumbernya. Ruangan ini membuat kebisingan yang terukur pada -20,6 desibel, sementara telinga manusia dengan batas minimal yaitu 0 desibel, suara nafas hanya 10 desibel, bahkan suara bisikan manusia hanya 30 desibel, dan ruangan ini mampu mengheningkan lebih dari itu.

Lalu apa yang terjadi jika manusia masuk ke dalam ruangan Anechoic?

Bayangkan, saking sunyinya, manusia dapat mendengar anggota tubuhnya bekerja, telinga secara bertahap akan mendengar jantung berdegup, begitupun dengan suara nafas, paru-paru dan anggota tubuh lainnya.

Sebagai sarana penelitian

Ruangan Anechoic ini juga sangat dibutuhkan untuk penelitian, salah satunya mengukur kekuatan listrik elektromagnetik yang hasilkan oleh perangkat elektronik. Jika penelitian ini dilakukan di luar ruangan, suara yang dihasilkan akan terganggu oleh kondisi cuaca, seperti angin dan hujan. Ooleh karena itu Anechoic chamber ini semakin penting sebagai fasilitas pengujian. Ruangan ini telah memberikan kontribusi yang besar terhadap pengembangan penelitian signifikan seperti Wi-Fi, komunikasi UWB, dan sistem RFID.

Daftar Pustaka

Kompas.TV. 2022. Anechoic Chamber Ruangan Paling Sunyi Di Dunia. Diakses pada 6 Agustus 2024. https://www.youtube.com/watch?v=BE9Pz9acLCg#:~:text=Ruang%20Anechoic%20di%20laboratorium%20Orfield,piramida%20yang%20terbuat%20dari%20busa. Reditya Hilmawan, Tito. 2021. Anechoic Chamber Ruangan Paling Sunyi Di Dunia yang Bisa Membuat Gila?. Diakses pada 6 Agustus 2024. https://www.kompas.com/global/read/2021/10/28/210039170/anechoic-chamber-ruang-paling-sunyi-di-dunia-yang-bisa-membuat-gila?page=all Jeremi, Abdiel. 2016. Anechoic Chamber ITB Ruangan Tanpa Gema Terbesar Di Indonesia. Diakses pada 6 Agustus 2024. https://www.itb.ac.id/berita/anechoic-chamber-itb-ruangan-tanpa-gema-terbesar-di-indonesia/5135 Halifa. 2021. Fakta Ruangan Anechoich Milik Microsoft Tempat Paling Sunyi Di Dunia. Diakses pada tahun 6 Agustus 2024. https://www.idntimes.com/tech/gadget/halifa-ghaisani/5-fakta-ruangan-anechoic-milik-microsoft-tempat-tersunyi-di-dunia-c1c2?page=all Electromagnetic Compatibility. What is Anechoic Chamber?. Diakses pada 6 Agustus 2024 https://www.tdk.com/en/tech-mag/noise/11#:~:text=An%20anechoic%20chamber%20is%20a,on%20radio%20equipment%20and%20antennas. Environment Makers. 2023. What is an Anechoic Chamber. Diakses pada 6 Agustus 2024. https://www.dellamarca.it/en/what-is-an-anechoic-chamber/

10
77
Masjid Saka Tunggal Banyumas

Masjid Saka Tunggal Banyumas

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 year ago
FEHER ACH-1

FEHER ACH-1

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
Fifahaulia
1 month ago

Cerita Narasi: Bersahabat yang Baik

Sebuah cerita narasi karya Alvaro Nauval Hadi

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGmF2e-ItdsdYE9TgImFhDGKHoAxklhdWBSBppAr7_YA=s96-c
Fitri Isnaeni
10 months ago
Orang Hilang

Orang Hilang

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
3 weeks ago
Apa itu crane

Apa itu crane

1726579414.png
artículo Han
1 year ago