Permainan dengan Filosofi Hindu Tradisional
Permainan ini berasal dari India yang bernama Mokhsa Patam. Ini berasal dari filosofi Hindu tradisional yang membandingkan karma dan kama, atau takdir dan keinginan. Yang mana permainan ini menerangkan bahwa kehidupan sebagai campuran, yang mana terdapat kehendak bebas dan keberuntungan.
Lalu terbitlah versi baru dari dasar permainan ini di Inggris pada tahun 1892. Tangga mewakili kebijakan hati nurani, iman, dan kerendahan hati. Sementara ular adalah sebaliknya yaitu merah, nafsu, dan keburukan. Pelajaran moralitas ini dengan menunjukkan bahwa kebebasan digapai oleh perlakuan baik sementara kesengsaraan dengan kelakuan buruk.
Pada permainan ular tangga, tangga lebih sedikit daripada ular yang berarti bahwa jalan kebaikan lebih sedikit, sementara jalan untuk berdosa sangat banyak.
Berbagai versi muncul berdasarkan filosofi Hindu tradisional ini dengan nama yang berbeda-beda, contohnya pada muslim bagian India, Iran, Turki mereka menyebut shatranj al-'urafa, sementara bagian New Delhi menyebut Gyan chauper (permainan kebijaksanaan).
Jain version, called Jnana Bazi or Gyan Bazi.
Gyan Chaupar Board, Punjab Hills, India. The British Museum
Dalam permainan aslinya, kotak-kotak kebajikan adalah: Iman (12), Keandalan (51), Kedermawanan (57), Pengetahuan (76), dan Asketisme (78). Kotak-kotak kejahatan adalah: Ketidakpatuhan (41), Kesombongan (44), Kekasaran (49), Pencurian (52), Kebohongan (58), Mabuk (62) , Hutang (69), Pembunuhan (73), Amarah (84), Keserakahan (92), Kesombongan (95), dan Nafsu (99).
Lonceng, RC (1983). "Ular dan Tangga". Buku Permainan Papan . Buku Exeter. hlm. 134–135. ISBN Telepon: 0-671-06030-9.
Schick, Irvin Cemil. "Catur Gnostik: Versi Sufi Ular Tangga di Turki dan India." Dalam Permainan dan Budaya Visual di Abad Pertengahan dan Renaisans , Vanina Kopp dan Elizabeth Lapina, ed. (Jumlah pemilih: Brepols Publishers, 2020), 173–216.
"Bermain dengan takdir dan keinginan bebas" . Devdutt Pattanaik. 17 September 2007.
Bornet, Philippe; Burger, Maya (2012). Agama dalam Permainan: Permainan, Ritual, dan Dunia Virtual . Teologischer Verlag Zürich. Hal.94.ISBN
“Gyan Chaupar”. MapAcademy.