corry aflah shinta 9 months ago
cymophile #bahasa

Ombak Persegi, Unik tapi Berbahaya!

Tahukah anda tentang Ombak Persegi?

Pantai mungkin salah satu dari banyaknya tempat pilihan banyak orang yang dituju untuk melepas penat, karena keindahannya yang bisa dinikmati entah oleh siapa saja dan keindahan di pantai yang bisa kita nikmati adalah seperti kita bisa melihat sunset, mendengar deburan ombak, nyiur di pantai dan lain-lainya.

Deburan ombak, ombak berbentuk abstrak yang terjadi karena angin laut. Namun, pernahkan anda melihat ombak yang berbentuk persegi? Mendengar ombak yang berbentuk persegi membuat kita berpikir apakah ada? Tentu saja ada! Ombak dengan bentuk yang tidak biasa ini bisa kita lihat di Pulau Isle of Rhe yang berada di lepas pantai barat Perancis dekat dengan La Rochelle, di sisi utara selat Pertuis d’Atioche. 

Dilansir dari Wikipedia, ombak unik yang berbahaya ini membentuk persegi karena keadaan laut yang terjadi ketika angin dari berbagai sisi terus bergerak dan saling bertabrakan sehingga membentuk sudut dan pola yang terlihat seperti persegi. 

Sebab itu ombak persegi ini dikatakan sebagai ombak yang berbahaya dan sering terjadi pula kecelakaan kapal di laut yang akhirnya otoritas setempat melarang kapal-kapal berlayar di area tersebut.

Jika penasaran, tempat yang mungkin aman untuk melihat ombak unik tersebut adalah dari atas mercusuar yang berada di tepi pantai tersebut. Banyak juga para pengunjung yang menikmati keunikan ombak persegi ini dengan hanya sekedar duduk di tepi pantai. 

Memang terlihat indah karena keunikannya ya, tapi ingat untuk tetap berhati-hati, karena kita tidak tahu musibah apa yang akan terjadi dan kapan terjadi.


Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Gelombang_laut_persegi

https://travel.kompas.com/read/2022/04/10/120100127/lihat-gelombang-persegi-di-laut-awas-ada-bahaya-besar-dibaliknya?page=all

https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/laut/gelombang-laut-persegi

19
193
Vulcan

Vulcan

1697550439.png
Ahmad Weli🥶
3 months ago
Biologi: Tentang Aspek-Aspek Kehidupan

Biologi: Tentang Aspek-Aspek Kehidupan

1701266412.jpg
Tyaga
9 months ago
Ruginya Ahli Ibadah,

Ruginya Ahli Ibadah,

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
El Niño dan La Niña

El Niño dan La Niña

1694005863.jpg
Fadil
8 months ago
Dekat Namun Jauh (Prolog)

Dekat Namun Jauh (Prolog)

https://lh3.googleusercontent.com/a/AEdFTp64ojUSJ2dXm_qvrWsF1bCkkAFxOK7hrZaWel8t=s96-c
Shulhan
8 months ago