Tyaga 9 months ago
EPEP 1st #sains

Biologi: Tentang Aspek-Aspek Kehidupan

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan mencakup aspek-aspek kehidupan tumbuhan, hewan, manusia, mikroorganisme, dan hubungan antarmakhluk hidup. Dalam biologi juga diartikan sebagai salah satu ilmu yang menyediakan berbagai pengalaman untuk memahami konsep dan proses sains (Firmansyah, 2009). Biologi mempelajari struktur fisik dan fungsi alat-alat tubuh manusia serta mempelajari lingkungan sekitar (Nuryani, 2003).

Biologi merupakan bagian dari pembelajaran IPA yang ilmunya berkembang dan dipahami melalui langkah-langkah ilmiah yang diterapkan dalam pelaksanaan praktikum. Biologi mempelajari makhluk hidup pada tingkatan organisasi kehidupan, mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan gejala-gejala yang terjadi di alam.

Dalam mempelajari biologi dibangun atas tiga aspek dasar yang tidak dapat dipisahkan, yaitu aspek proses, sikap, dan produk. Hakikatnya yaitu berkaitan dengan cara memahami alam secara sistematis, sehingga tidak terbatas penguasaan pengetahuan berupa fakta, konsep, atau prinsip, tetapi lebih sebagai proses penemuan. Biologi memiliki karakteristik khusus sebagai rumpun ilmu sains,

Karakteristik biologi diantaranya terletak pada objek yang dipelajari yaitu makhluk hidup, tema atau persoalan-persoalan objek biologi yang terjadi di alam dan metode untuk menyelesaikan masalah pada objek biologi melalui metode ilmiah (Trianto, 2012). Objek kajian dalam biologi berupa benda konkret dan dapat ditangkap oleh pancaindra, dikembangkan berdasarkan pengalaman yang nyata dan memiliki langkah-langkah yang sistematis (Bagod, 2015).

Pembelajaran biologi merupakan salah satu bidang yang dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitik, induktif, dan deduktif dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah melalui praktikum yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar sehingga menuntut siswa dapat mempelajari dan memahami konsep permasalahan yang ada di biologi.

Hal ini didukung dengan pernyataan Depdiknas (2001) yang menyatakan bahwa biologi berkaitan dengan mencari tahu dan memahami tentang alam secara sistematis dan terstruktur, sehingga biologi tidak terbatas pada pengetahuan berupa fakta, prinsip dan konsep tetapi merupakan suatu proses penemuan.

Kegiatan pembelajaran biologi dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, lingkungan dan sumber belajar lainnya baik interaksi secara langsung dengan tatap muka untuk mengembangkan kompetensi memahami dan menjelajahi alam sekitar secara ilmiah maupun tidak langsung dengan menggunakan media pembelajaran.

22
135
video

Kebiasaan Pelajar yang harus Dimiliki - Mengola Waktu

rgs02
R. Gatot Susilo
1 year ago
Gantry crane

Gantry crane

1714434922.jpg
帅气的尼汉 Han
6 months ago
Renungan

Renungan

1712062096.jpg
ラファエル
5 months ago
Resensi Buku Non Fiksi "Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah"

Resensi Buku Non Fiksi "Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah"

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxbI7dhMgZukXFeCcMSlsx8NvH0dBTFEnkHAFv0SUA=s96-c
corry aflah shinta
1 year ago
Caesar's Cipher vs Al-Kindi

Caesar's Cipher vs Al-Kindi

https://lh3.googleusercontent.com/a/AGNmyxY_-GwmwmulI3_C36t7KFnOYdKYOkWt-qZQnObB=s96-c
Nagita Puspa
6 months ago