? 1 month ago

Monyet, Si Primata Cerdas

Tugas Bahasa Indonesia

Monyet (Macaca Fascicularis) merupakan mamalia primata yang memiliki sepasang kaki dan tangan sebagai alat geraknya. Monyet dapat hidup dari 12 hingga 45 tahun bergantung jenisnya. Monyet seringkali digambarkan sebagai sosok yang suka bermain, serakah, dan egois, namun sebenarnya monyet termasuk makhluk sosial dan hidup berkelompok. Monyet juga terkadang mengerti akan keadaan sekitar seperti tanda-tanda bencana dengan merasakan perubahan alam sekitar.


Monyet merupakan salah satu hewan sosial dengan kemampuan belajar dan adaptasi yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan pertunjukan topeng monyet yang biasa kita saksikan di jalanan. Namun sayangnya, pemahaman orang-orang tentang hak asasi hewan masih jauh dari kata cukup sehingga mereka menormalkan pertunjukan-pertunjukan yang justru menyakiti hewan itu baik secara fisik maupun mentalnya. Dengan demikian, dapat kita ketahui bersama bahwa monyet juga memiliki perasaan seperti yang dilakukan oleh para peneliti dari Science Advance.


Monyet merupakan nama yang lazim untuk mamalia primata yang memiliki ciri fisik seperti manusia. Rata-rata hewan ini menghabiskan hidupnya di tanah dan pepohonan. Kecerdasan mereka juga sama seperti anak kecil, monyet memiliki IQ tinggi, Monyet memiliki ukuran otak yang lebih besar dibandingkan dengan hewan lainnya. Monyet juga dapat memahami representasi simbolis dari objek dan konsep. Beberapa penyakit pun bisa menular kepada manusia melalui monyet. Monyet juga memiliki ibu jari yang berlawanan arah satu sama lain (dilansir dari vedantu.com). Monyet memiliki nama lain yaitu wanata. Monyet adalah istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia atau kera, baik yang tinggal di dunia baru atau dunia lama (dilansir dari Wikipedia).


Monyet mempunyai ekor yang panjang. Ekor panjang berfungsi ekosistem yaitu penyebar biji-bijian alami kehutanan, dan mediator penyerbukan. Ekornya juga penting bagi konservasi jenis tumbuhan dan sebagai pengendali populasi serangga dengan secara memangsanya 


Daftar pustaka:

Vedantu. 2024. “Interesting facts about monkeys”. Vedantu, 10 Agustus 2024, diakses tanggal 12

Agustus 2024. Diambil dari <https://www.vedantu.com/evs/interesting-facts-about-monkeys>.

Wikipedia. 2024 "Monyet".Wikipedia, 17 April 2024, Diakses tanggal 8 Agustus 2024.

Diambil dari <https://id.wikipedia.org/wiki/Monyet>.


Kelompok 2

Muhammad Pahri Paturrahman

Muhammad Ghifari Wiramahdi

15
110

Cerita Narasi: Lautan

Sebuah cerita fantasi karya Iandra Quarta Filia Sarwono

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtdGmF2e-ItdsdYE9TgImFhDGKHoAxklhdWBSBppAr7_YA=s96-c
Fitri Isnaeni
10 months ago
Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

Dapatkah kecerdasan buatan melampui kecerdasan manusia?

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
2 years ago
Upacara Tiwah

Upacara Tiwah

1705726507.jpg
rakha
1 year ago
Introvert/Extrovert?

Introvert/Extrovert?

1715063829.jpeg
jasmine
1 year ago