R. Gatot Susilo 1 year ago
rgs02 #budaya

Dibalik Sejarah Batik Nasional, Warisan Kain dari bangsa Indonesia

Batik pertama kali diperkenalkan di dunia oleh Presiden Kedua Indonesia, Soeharto, melalui konferensi PBB. Di saat yang bersamaan, batik mulai dikenal oleh mancanegara dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Dinamika perubahan jaman juga, menjadikan batik menjadi ‘cocok’ di semua kalangan. Jika kita lihat ke belakang, batik hanya digunakan para orang tua ataupun saat ada pesta pernikahan. Namun saat ini hampir semua kalangan menggunakan batik. Di beberpa instansi pendidikan bahkan batik digunakan sebagai seragam dalam kesehariannya.

Makna Batik

Batik sendiri berasal dari dua kata yakni, “amba” dan “nitik”. “amba” memiliki arti menulis dan “nitik” yang dapat diartikan sebagai membuat titik (yang membentuk pola atau gambar). Batik adalah kerajinan dari kain yang di “nitik” menggunakan cairan malam hingga akan membuat pola atau beragam motif yang bernilai tinggi. Pola atau motif ini memiliki keunikan tersendiri di setiap daerah asalnya.

Awal Mula Batik Masuk ke Indonesia

Pelajar STOVIA menggunakan batik sebagai seragam sekolah (Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Kehadiran batik sebenarnya tidak begitu jelas, G.P Rouffaer memiliki pendapat bahwa batik berasal dari India atau Sri Lanka pada abad ke 6 atau ke 7.

Sementara itu, pendapat G.P Rouffaer dibantah oleh J.L.A Brandes, seorang arkeolog asal belanda yang berpendapat bahwa batik tidak berasal dari india, melainkan dari Indonesia. Hal ini didukung oleh pendapat F.A Sutjipto seorang arkeolog Indonesia berpendapat bahwa batik merupakan tradisi asli daerah Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua.

Uniknya motif batik juga tidak hanya ditemukan di kain-kain saja, melainkan pada relief-relief Candi Prambanan dan Candi Borobudur juga terdapat motif batik.

Kesimpulannya, bahwa Batik sudah ada di Indonesia sejak dulu, dan tidak berasal dari India, namun awal mula keberadaan batik di Indonesia masihlah menjadi tanda tanya.

Sejarah Lahirnya Hari Batik Nasional

Sertifikat Batik (Sumber: kwriu.kemdikbud.go.id)

Kita sebagai bangsa Indonesia, tentu sangat bangga memiliki budaya yang bernilai tinggi yang dikatakan sebagai warisan budaya dunia. Hal ini dikarenakan UNESCO telah memberikan pengakuan internasional terhadap batik sejak 02 Oktober 2009 sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia.

Sejak saat itu, maka tanggal 02 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

8
693
Berkeringat

Berkeringat

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtfeCfIpCmTFJNkMF-m9B58WEnZ3nw9CZDNOy9o2UJLWqA=s96-c
LIasTiny
7 months ago
RABBIT

RABBIT

https://lh3.googleusercontent.com/a/AAcHTtet6ELyO0wwyKbhPRqKalL1N6kMGKHX2C5l_f-AFeOFfg=s96-c
gsyya
7 months ago
Sebuah Cangkir Penuh Emosi

Sebuah Cangkir Penuh Emosi

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago
Bambusa Vulgaris

Bambusa Vulgaris

1707117993.jpeg
Hafizh
7 months ago
Mozaik Ramadan: Tradisi Bukber dalam Ramadan

Mozaik Ramadan: Tradisi Bukber dalam Ramadan

1706664012.jpg
R. Gatot Susilo
1 year ago